Internet

Cara Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD

Simak cara membuat CV berikut ini agar lamaran pekerjaan kamu dilirik HRD.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi mengetik di laptop, (Pixabay/picjumbo_com)
Ilustrasi mengetik di laptop, (Pixabay/picjumbo_com)

Hitekno.com - Cara membuat CV menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui apalagi juga kamu ingin melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.

Informasi yang disebutkan dalam sebuah CV mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Cara membuat CV menjadi lebih mudah dengan adanya template secara online maupun offline. Ada banyak macam kreasi template sesuai dengan keinginan dan tujuan dibuatnya sebuah CV untuk melamar kerja ke perusahaan swasta maupun negeri.

Cara membuat CV yang baik dan menarik tetap perlu memperhatikan format yang benar. Kamu perlu memeriksa secara detail isi dari CV agar HRD perusahaan tertarik untuk menerima bekerja di perusahaan tersebut.

Ilustrasi calon karyawan melamar pekerjaan. (Pixabay)
Ilustrasi calon karyawan melamar pekerjaan. (Pixabay)

Semakin menarik CV yang kamu buat, semakin besar peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara dari HRD. Berikut cara membuat CV yang HiTekno rangkum dari berbagai sumber.

Format CV yang Wajib Diisi

Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:
1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.
2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.
3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.
4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting di atas dicantumkan secara urut. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidup kamu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

Cara Membuat CV di Word dengan Template

Cara membuat CV di Microsoft Word bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan template dan tanpa template. Jika menggunakan template, waktu pembuatan CV akan lebih singkat. Selain itu, desainnya bisa dipastikan menarik. Kamu hanya tinggal mengubah informasi di dalamnya. Berikut cara membuat CV di Word dengan template.

• Buka Microsoft Word.
• Klik menu File dan pilih submenu New.
Jika menggunakan Word 2007, klik Installed Template. Dalam Word 2010, kamu bisa mengklik menu Sample Templates. Apabila menggunakan Word 2011, klik New From Template. Sementara itu, pada Word 2013, kamu akan langsung menemukan template CV.
• Cara membuat CV lalu pilih satu template yang kamu suka, kemudian klik Create.
• Edit teks sesuai informasi dirimu.

Cara membuat CV Download template baru

Template bawaan Microsoft Word memang terbatas. Namun, jika belum menemukan template yang cocok, kamu bisa download template yang ditawarkan. Berikut cara membuat dan men-download template CV di Word.

• Pastikan PC atau komputermu terhubung dengan internet.
• Klik menu File dan pilih submenu New.
• Ketik “CV” atau “resume” pada kotak bertuliskan Search for online templates. Kamu juga bisa menggunakan kata kunci lain yang menurutmu lebih sesuai. Kemudian, klik Enter.
• Word akan menampilkan berbagai pilihan template yang sesuai dengan kata kuncimu.
• Pilih satu template yang kamu suka, kemudian klik Create.
• Tunggu proses download selesai.
• Cara membuat CV selanjutnya edit teks sesuai informasi dirimu.
Selain template yang muncul di Microsoft Word, ada banyak template lainnya yang bisa kamu download terpisah.

Cara Membuat CV secara Online

Kamu juga bisa menerapkan cara membuat CV secara online di berbagai situs tertentu. Apalagi dengan adanya template yang sudah disediakan, kamu tinggal mengubah isi dari CV sesuai dengan data diri.

1. Canva
Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka mudah digunakan. Tak cuma membuat poster, Canva bisa membantu kamu membuat CV. Semua tools desain grafis Canva tersedia untuk pembuatan resume juga. Itu berarti kamu dapat menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, atau lainnya ke CV.

2. Resume.com
Situs ini merupakan situs pembuat resume gratis dengan beragam template. Cara membuat CV ini memungkinkan kamu membuat CV dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini juga punya fitur "Impor LinkedIn". Dengan meng-klik fitur tersebut, kamu akan tersambung ke profil LinkedIn dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam CV secara otomatis. Kamu bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis.

Meski demikian, desain CV saja belum cukup. Kamu juga harus memperhatikan setiap detail yang ada di dalam CV-mu. Dengan begitu, HRD akan terkesima dan meloloskanmu ke tahap berikutnya.

Berita Terkait