Internet

Memudahkan, Ini Cara Mengatur Top Bottom Left Right Word

Ingin mengatur margin Word, gunakan cara ini.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah cara mengatur top bottom left right word yang perlu kamu ketahui agar hasil ketikan kamu di Microsoft Word terlihat lebih rapi. Microsoft Word merupakan program pengolahan kata andalan dari Microsoft yang biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen, membuat tabel, membuat surat, dan lain-lain.

Dalam program Microsoft Word tersedia berbagai fitur yang bisa mempermudah pekerjaan mengetik kamu. Biasanya dalam mengetik pasti ada standar penulisan yang perlu kamu gunakan kan? Salah satu standar penulisan yang harus kamu perhatikan adalah jarak antar dokumen.

Nah untuk mengatur jarak antara tepi pengetikan dengan tepi halaman kertas pada dokumen Word maka kamu bisa menggunakan fitur Margin yang ada pada Microsoft Word.

Margin pada Microsoft Word secara otomatis mengatur satu inci di sekeliling tiap halaman. Namun tenang saja ya kamu bisa kok menyesuaikan margin kiri, kanan, bawah atau atas dokumen sesuai dengan keinginan kamu.

Pengaturan margin yang sudah tersedia dalam Microsoft Word terdiri dari Margin top yang digunakan untuk mengatur suatu jarak tepi pada bagian atas halaman, Margin bottom digunakan untuk mengkonfigurasi jarak tepi pada bagian bawah antar halaman, Margin left digunakan dalam mengatur suatu jarak tepi pada bagian kiri halaman dan Margin right yang digunakan ketika ingin mengatur jarak tepi pada sisi kanan halaman.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Gimana? Perlu mengatur top bottom left right untuk dokumen word kamu? Berikut ini cara mengatur top bottom left right word yang bisa kamu lakukan dengan mudah :

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu atur top bottom left right nya
  2. Kemudian pada halaman kerja Microsoft Word tersebut terdapat pilihan Menu Bar
  3. Selanjutnya klik menu Page Layout
  4. Setelah itu pada pilihan menu Page Setup klik icon Margins
  5. Apabila kamu sudah klik icon Margins maka kamu sudah bisa mengatur batas tepi halaman sesuai dengan opsi batas tepi yang tersedia seperti opsi margin normal, narrow, moderate, wide dan mirrored
  6. Namun kamu juga bisa mengatur batas tepi sesuai dengan yang kamu inginkan dengan klik opsi Custom Margins yang berada di bagian paling bawah
  7. Setelah klik Costum Margins, kamu tinggal pilih Tab Margin
  8. Kemudian atur margin top bottom left right sesuai dengan ukuran yang ingin kamu gunakan pada dokumen Word kamu. Angka yang kamu masukkan dalam kolom tersebut yang kemudian akan menentukan batas tepi atas, bawah, kiri dan kanan dokumen Anda.
    Kolom Margin-Top : isi ukuran angka untuk perataan pada batas tepi halaman atas
    Kolom Margin-Left : isi ukuran angka untuk perataan pada batas tepi halaman kiri
    Kolom Margin-Bottom : isi ukuran angka untuk perataan pada batas tepi halaman bawah
    Kolom Margin-Right : isi ukuran angka untuk perataan pada batas tepi halaman kanan
  9. Pada menu Orientation kamu juga bisa memilih bentuk kertas yang ingin kamu gunakan dalam dokumen Word kamu, bisa berupa Portrait (bentuk kertas tegak) atau Landscape (bentuk kertas miring)
  10. Lalu pada menu Pages, pilih isi kolom Multiple Pages menjadi Normal
  11. Kemudian klik OK
  12. Selesai! Sekarang pengaturan top bottom left right pada dokumen word kamu sudah sesuai dengan angka yang kamu masukan pada kolom margin sebelumnya

Itulah cara mengatur top bottom left right word yang bisa kamu coba untuk membuat tampilan dokumen kamu menjadi lebih rapi sehingga lebih enak untuk dibaca. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait