Gadget

Cara Menggunakan Microsoft Word di iPad, Beda dengan Platform Lain?

Ketahui bagaimana cara menggunakan Microsoft Word di iPad.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word di iPad. (Pixabay, HiTekno.com)
Ilustrasi Microsoft Word di iPad. (Pixabay, HiTekno.com)

Hitekno.com - Beginilah cara menggunakan microsoft Word di iPad agar kamu bisa menyunting dokumen Word kamu di tablet Ip ad. Cara ini cukup mudah kamu lakukan dan cukup lengkap sehingga kamu langsung dapat melakukannya.

iPad merupakan gadget seukuran Tablet yang di jual oleh Apple dengan bundling Operating System iPad OS yang cukup berbeda dengan iOS pada iPhone. 

Sistem iPad OS ini juga sangat berbeda dengan Android yang biasanya ada pada HP brand lain, dan memiliki konsep yang tidak sama.

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Lalu bagaimana cara menggunakan microsoft Word di iPad dengan mudah? Nah, berikut ini step by step mudah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan Word di iPad.

  1. Pertama kamu harus download dan pasang aplikasi Word dari App Store Apple kamu. Aplikasi ini ditandai oleh ikon berwarna biru dan tulisan putih.
  2. Setelah kamu menemukannya, klik tombol GET untuk memulai menginstalnya pada iPad kamu.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan icon Word muncul pada laman list aplikasi kamu.
  4. Buka Aplikasi Word yang sebelumnya telah terinstall dengan tap icon Word pada home screen atau tap tombol open pada jendela App Store.
  5. Untuk pertama kalinya, sebelum mengedit dokumen, kamu perlu melakukan login dengan akun Microsoft kamu untuk menggunakan Word ini.  Untuk masuk ke akun, sentuh tombol Sign In di pojok kiri atas layar dan masukkan alamat email dan passWord akun Office 365 yg sebelumnya sudah ada.
  6. Setelah proses Login selesai, tap menu Open pada layar Word, lalu pilih lah dokumen yang sudah pernah kamu simpan pada iPad kamu, bisa melalui penyimpanan internal, online ataupun email.
  7. Untuk membuka dokumen Word yang disimpan di penyimpanan online, tap menu Add a place, lalu Cloud Service dan login ke layanan yang diinginkan. Setelah itu, kamu dapat membuka dokumen online kamu.
  8. Untuk membuka dokumen Word yang disimpan dari lampiran email, tab menu More dan pilih dokumen yang kamu inginkan.
  9. Setelah proses load selesai, sentuh tulisan yang sudah terload tadi untuk mulai mengedit.
  10. Kamu dapat mengubah tulisan kamu menjadi berbagai macam opsi yang ditawarkan oleh Microsoft Word di iPad  ini, Mulai dari Bold, Italics dan Underline yang berada di pojok kanan atas kibor.
  11. Untuk fungsi lainnya terdapat pada Tab Fungsi pada atas layar yang menawarkan opsi
    • Home, Tab ini memungkinkan Kamu untuk mengubah huruf/font, mengganti warna teks dan latar, menambahkan daftar poin atau nomor, dan meratakan teks ke kiri, tengah, kanan, atau kedua sisi.
    • Insert, Tab ini memungkinkan Kamu untuk menambahkan tabel, gambar, bentuk, pranala, kotak kutipan, dan lain-lain.
    • Draw, Tab ini memungkinkan Kamu untuk menggambari dokumen menggunakan stylus atau Apple Pencil. Ada beberapa opsi pen yang tersedia di bagian atas halaman.
    • Layout, Dengan tab ini, Kamu bisa mengubah orientasi dan ukuran halaman, serta menambahkan tepi, kolom, dan pemutus halaman.
    • Review, Tab ini memiliki beberapa opsi pemeriksaan ejaan, penghitung jumlah kata, pelacakan komentar, dan pencarian cerdas.
    • View, Dengan opsi ini, Kamu bisa mengubah tata letak cetak menjadi tampilan seluler, serta menampilkan dan menyembunyikan penggaris.
  12. Lalu simpan dokumen yang sudah selesai kamu edit dengan tap ikon kertas di pojok kiri atas layar dan pilih Save a Copy, atau tap panah kembali di pojok kiri atas layar untuk mengakses halaman utama Word dan menyimpan semua perubahan.

Nah, itulah cara menggunakan microsoft Word di iPad yang dapat membantu kamu untuk mengedit file document kamu. Bagaimana? Mudahkan?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait