Internet

Mudah dan Berguna, Ini Cara Membuat Halaman di Word Secara Otomatis

Berikut ini bagaimana cara membuat halaman di Word secara otomatis dan mudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat halaman di Word secara otomatis, kemampuan yang sangat berguna. Terlebih kamu yang sering berhubungan dengan Microsoft Word.

Dengan adanya tanda yang berbeda di setiap halaman word tentu akan memudahkan para pembacanya untuk mencari atau menandai setiap halaman tersebut. Setiap halaman di word bisa berupa angka maupun huruf, hal ini ternyata sangat diperlukan untuk membuat karya tulis seperti artikel maupun skripsi.

Namun tidak menutup kemungkinan setiap karya tulis  juga membutuhkan hingga berpuluh-puluh bahkan ratusan halaman. Tenang saja kalian bisa melakukan cara membuat halaman di word secara otomatis hanya dengan beberapa tahap saja.

Meskipun kalian bisa melakukan penomoran secara manual namun hal ini dinilai kurang efektif, apalagi jika terdapat beberapa kali revisi tidak menutup kemungkinan akan terjadi penambahan atau pengurangan pada setiap halamannya.

Dengan adanya fitur otomatis di Microsoft Word tentu akan membuat pekerjaan kalian semakin mudah dan cepat.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Kira-kira bagaimana ya caranya, berikut cara membuat halaman di word secara otomatis. Yuk kita simak langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word yang telah kalian miliki saat ini
  2. Kalian bisa menggunakan file baru atau file yang pernah kalian buat sebelumnya
  3. Selanjutnya kalian bisa mengklik pada kolom "Insert" di bagian bar atas sejajar dengan menu home, design, layout dan lain-lain.
  4. Di dalam kolom insert terdapat beberapa pilihan lalu kalian cari kolom "Page Number"
  5. Lalu di dalam kolom Page Number kalian akan disuguhkan dengan beberapa pilihan seperti Page Number, Format Page Number dan Remove Page Number.
  6. Lalu kalian klik kembali kolom "Page Number"
  7. Setelah kalian mengklik kolom Page Number, kalian akan disuguhkan dengan pengaturan halaman tersebut.
  8. Letak posisi dan deretan nomor halaman yang kalian butuhkan atau inginkan, misalnya kalian ingin meletakkan huruf atau angka tersebut berada di bagian atas dokumen (Top of Page) maupun bawah dokumen (Bottom of Page). Selain itu posisinya juga bisa di buat rata tengah (alignment), maupun berada di posisi kanan (right) atau kiri (Left) dokumen
  9. Setelah kalian melakukan pemilihan penomoran atau pemberian huruf halaman maka setelah itu setiap halaman akan otomatis terisi dan tertata penandaanya secara runtut sesuai dengan settingan yang kalian lakukan.

Nah, itulah cara membuat halaman di word secara otomatis. Bagaimana menurut kalian? Terbilang cukup mudah dan simpel bukan? Selamat mencoba!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait