Internet

Cara Import Word ke Google Docs dengan Mudah

Gunakan cara mudah ini untuk import Word ke Google Docs.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Hitekno.com - Inilah yang perlu kamu lakukan agar kamu bisa membuat atau mengedit dokumen di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Apabila kamu sering menggunakan program Microsoft Word, tentu kamu juga tidak asing kan dengan Google Docs?

Google Docs atau Google Dokumen adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google.

Dengan menggunakan Google Docs kamu bisa membuat, mengedit dan membagikan dokumen tertulis secara online. Selain itu, Google Docs juga memungkinkan kamu untuk mengerjakan dokumen bersama tim atau kolaborasi secara real-time baik melalui komputer, laptop, smartphone atau tablet.

Apabila mengerjakan dokumen melalui Microsoft Word kamu hanya bisa menyimpannya pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengerjakan dokumen tersebut adau menyimpan dokumen tersebut pada USB.

Sedangkan Google Docs memberikan kemudahan dalam menyimpan semua pekerjaan kamu ke Cloud Storage Google Drive. Jadi kalau kamu import word ke google docs maka kamu tidak perlu repot-repot membawa USB kemana-mana ya.

Google Docs adalah bagian dari Google Drive, jadi kamu harus mengunggah dokumen kamu ke Google Drive terlebih dahulu sebelum menggunakannya di Google Docs.

Gimana? Ingin tahu cara import word ke google docs? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara import word ke google docs :

  • Pertama-tama buka Google Drive terlebih dahulu dengan login menggunakan akun Google kamu
  • Setelah itu pilih menu New
  • Kemudian Pilih opsi File upload, namun apabila kamu ingin mengunggah folder yang berisi beberapa dokumen Word maka kamu bisa pilih opsi Folder upload
  • Arahkan kursor ke file atau folder yang ingin kamu unggah, lalu pilih Open
  • Selanjutnya maka proses upload akan dimulai secara otomatis
  • Sekarang setelah dokumen word di upload ke Google Drive, untuk mengedit dokumen Word secara online kamu bisa menggunakan Google Docs, kamu bisa konversikan dokumen ke format yang bisa dibaca oleh Google Docs
  • Buka Google Docs
  • Setelah itu klik dokumen Word yang ingin kamu edit dan kamu import ke Google Docs
  • Kemudian pilih opsi Edit in Google Docs
  • Label .DOCX di sebelah nama pada dokumen merupakan format Microsoft Word
  • Untuk mengonversi file, pilih opsi File
  • Kemudian Save as Google Docs
  • Lalu Versi baru dokumen terbuka di jendela terpisah. Dan sekarang kamu memiliki dua versi file yaitu file DOCX Microsoft Word dan file Google Docs baru

 

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Itulah cara import word ke google docs yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Nah apabila kamu memerlukan dokumen word yang telah kamu import ke google docs tadi, maka kamu bisa mendownload file tersebut dari Google Docs melalui halaman pengeditan dokumen ya.

Untuk cara download file dari Google Docs bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Google Docs
  2. Lalu buka file yang ingin kamu download
  3. Kemudian klik opsi Download as
  4. Setelah itu pilih format file. Kamu bisa memilih format file seperti DOCX, ODT, RTF, PDF, EPUB, dan lainnya
  5. Selanjutnya pilih folder tempat dokumen tersebut harus disimpan
  6. Kemudian klik Save dan selesai!

Gimana? Sudah mencoba cara import word ke google docs? Mudah kan? Sekarang kamu bisa membuat dan mengedit dokumen dimanapun dan kapanpun ya! Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait