Internet

Cara Translate di Google Docs Mudah dan Cepat

Ikuti inicara translate di Google Docs dengan mudah

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Hitekno.com - Berikut ini cara translate di Google Docs dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Pastinya akan makin memudahkan dalam pekerjaan.

Google Docs adalah layanan pengolah kata yang diberikan kepada pengguna Google secara gratis. Mirip Microsoft Word, Google Docs adalah versi lain yang memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan membagikan dokumen tertulis secara online.

Layanan Google Docs dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen penting. Mulai dari catatan meeting, cover letter, proposal, dan masih banyak lagi.

Selain itu fitur menarik yang ditawarkan Google Docs adalah translate. Google Docs memiliki alat penerjemah (translator tool) yang bisa kamu gunakan untuk mengalih bahasakan semua isi dokumen bahasa asing.

Jadi kini ketika kamu sedang membuat naskah atau tulisan di Google Docs dan ingin menerjemahkan naskah itu ke berbagai bahasa, kamu cukup menuju ke menu ‘Tools’ lalu pilih ‘Translate document’.

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Cara translate di Google Docs ini menyediakan 53 bahasa yang bisa kamu pilih. Tak perlu khawatir ribet, kamu bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Cara translate di Google Docs ini terbilang praktis dan mudah.

Berikut cara translate di Google Docs yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

  1. Cara translate di Google Docs pertama, kamu harus upload dokumen yang ingin kamu terjemahkan di Google Drive kamu. Pastikan kamu sudah login akun Google kamu di browser tersebut.
  2. Ketika sudah terbuka Google Drive, silahkan pilih tulisan “New”, lalu pilih upload file.
  3. Ketika sudah upload dokumen, silahkan klik kanan di dokumen tersebut, dan pilih “Open with”, lalu pilih “Google Docs”
  4. Cara translate di Google Docs selanjutnya, pilih menu “Tools”, lalu pilih “Translate document”
  5. Pilih bahasa yang kamu inginkan, di Google Docs ini sudah terdapat puluhan bahasa di dunia yang bisa kamu terjemahkan, jika sudah memilih bahasa, pilih “Translate”.
  6. Jika sudah, kamu bisa mengedit dokumennya terlebih dahulu, atau kamu bisa langsung menyimpannya dengan memilih menu “File”, lalu pilih “Download”, silahkan pilih format file yang kamu inginkan.
  7. Cara translate di Google Docs selesai. Jika sudah selesai mengunduh, silahkan cek file tersebut di tempat kamu menyimpan file unduhan tersebut.

Cara translate di Google Docs juga memiliki fitur yang berhubungan dengan smart quotes. Ketika kamu mengetikkan karakter tanda kutip (dalam bentuk regular quote), maka Google Docs secara otomatis akan merubahnya menjadi tanda kutip dalam bentuk koma (‘), yang dinamakan fitur smart quotes.

Bagaimana mudah dan praktis bukan? Tapi, setelah menerjemahkan dokumen menggunakan cara di atas, kamu juga tidak boleh menerima hasilnya begitu saja.

Kamu juga perlu memeriksa kembali hasil terjemahan dan mengoreksi jika ada kalimat yang kurang pas dan kurang enak dibaca.

Itulah cara translate di Google Docs dengan mudah. Selamat mencoba!

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait