Cara Translate di Google Docs Mudah dan Cepat

Ikuti inicara translate di Google Docs dengan mudah

Agung Pratnyawan
Senin, 12 Juli 2021 | 20:00 WIB
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Ilustrasi Google Docs. (Google)

Hitekno.com - Berikut ini cara translate di Google Docs dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Pastinya akan makin memudahkan dalam pekerjaan.

Google Docs adalah layanan pengolah kata yang diberikan kepada pengguna Google secara gratis. Mirip Microsoft Word, Google Docs adalah versi lain yang memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan membagikan dokumen tertulis secara online.

Layanan Google Docs dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen penting. Mulai dari catatan meeting, cover letter, proposal, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Merekam Video Zoom, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain itu fitur menarik yang ditawarkan Google Docs adalah translate. Google Docs memiliki alat penerjemah (translator tool) yang bisa kamu gunakan untuk mengalih bahasakan semua isi dokumen bahasa asing.

Jadi kini ketika kamu sedang membuat naskah atau tulisan di Google Docs dan ingin menerjemahkan naskah itu ke berbagai bahasa, kamu cukup menuju ke menu ‘Tools’ lalu pilih ‘Translate document’.

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Cara translate di Google Docs ini menyediakan 53 bahasa yang bisa kamu pilih. Tak perlu khawatir ribet, kamu bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Cara translate di Google Docs ini terbilang praktis dan mudah.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Meet, Layanan Video Call Cocok untuk Rapat

Berikut cara translate di Google Docs yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

  1. Cara translate di Google Docs pertama, kamu harus upload dokumen yang ingin kamu terjemahkan di Google Drive kamu. Pastikan kamu sudah login akun Google kamu di browser tersebut.
  2. Ketika sudah terbuka Google Drive, silahkan pilih tulisan “New”, lalu pilih upload file.
  3. Ketika sudah upload dokumen, silahkan klik kanan di dokumen tersebut, dan pilih “Open with”, lalu pilih “Google Docs”
  4. Cara translate di Google Docs selanjutnya, pilih menu “Tools”, lalu pilih “Translate document”
  5. Pilih bahasa yang kamu inginkan, di Google Docs ini sudah terdapat puluhan bahasa di dunia yang bisa kamu terjemahkan, jika sudah memilih bahasa, pilih “Translate”.
  6. Jika sudah, kamu bisa mengedit dokumennya terlebih dahulu, atau kamu bisa langsung menyimpannya dengan memilih menu “File”, lalu pilih “Download”, silahkan pilih format file yang kamu inginkan.
  7. Cara translate di Google Docs selesai. Jika sudah selesai mengunduh, silahkan cek file tersebut di tempat kamu menyimpan file unduhan tersebut.

Cara translate di Google Docs juga memiliki fitur yang berhubungan dengan smart quotes. Ketika kamu mengetikkan karakter tanda kutip (dalam bentuk regular quote), maka Google Docs secara otomatis akan merubahnya menjadi tanda kutip dalam bentuk koma (‘), yang dinamakan fitur smart quotes.

Bagaimana mudah dan praktis bukan? Tapi, setelah menerjemahkan dokumen menggunakan cara di atas, kamu juga tidak boleh menerima hasilnya begitu saja.

Baca Juga: Cara Cek Status Vaksinasi Lewat Situs dan Aplikasi PeduliLindungi

Kamu juga perlu memeriksa kembali hasil terjemahan dan mengoreksi jika ada kalimat yang kurang pas dan kurang enak dibaca.

Itulah cara translate di Google Docs dengan mudah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin dari Aplikasi PeduliLindungi

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak