Instagram Uji Coba Fitur Baru, Agar Pengguna Istiraha?

Apa kegunaan fitur baru di Instagram ini?

Agung Pratnyawan
Kamis, 11 November 2021 | 19:07 WIB
Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)

Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)

Hitekno.com - Bos Instagram, Adam Mosseri menyampaikan kalau perusahaannya tengah menguji fitur baru. Yakni Take a Break atau istirahat untuk aplikasi tersebut.

Fitur baru Instagram ini telah lama ditunggu-tunggu, untuk memberikan pengingat kepada pengguna ketika mereka telah menghabiskan waktu lama di platform.

"Jika Anda ikut serta, itu mendorong Anda untuk berhenti sejenak dari Instagram setelah Anda menghabiskan waktu tertentu di aplikasi; 10, 20, atau 30 menit," kata Mosseri dalam sebuah video yang diposting ke Twitter.

Baca Juga: Akun Instagram Menghilang, Blacklist International Sampaikan Pesan Ini

Mosseri menambahkan, fitur ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas, mencoba dan memberi orang lebih banyak kontrol atas pengalaman mereka di Instagram.

"Pada akhirnya, Anda tahu apa yang terbaik untuk Anda dalam hal cara menggunakan aplikasi. Dan kami ingin memastikan bahwa kami menyediakan alat bagi Anda untuk membentuk Instagram menjadi apa yang cocok untuk Anda," tweetnya dilansir laman The Verge, Kamis (11/11/2021).

Pengujian fitur Istirahat dilakukan di tengah pengawasan ketat di Instagram dan perusahaan induknya Meta (sebelumnya Facebook), setelah pelapor Frances Haugen bersaksi di depan Kongres.

Baca Juga: CEO Instagram Ungkap Perlu Adanya Aplikasi Khusus untuk Anak-anak

Diketahui, penelitian internal perusahaan menunjukkan Instagram dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak muda.

Kepala Instagram Adam Mosseri memperkenalkan uji coba fitur baru Instagram, Take a Break atau Istirahat. [Twitter]
Kepala Instagram Adam Mosseri memperkenalkan uji coba fitur baru Instagram, Take a Break atau Istirahat. [Twitter]

Remaja mengatakan kepada peneliti perusahaan bahwa mereka merasa "kecanduan" ke Instagram.

Tapi, mereka tidak memiliki kendali diri untuk mengurangi penggunaan, meskipun lebih suka jika lebih jarang memeriksa aplikasi.

Baca Juga: 2 Cara Download Foto Instagram, Mudah Tak Perlu Aplikasi Tambahan

Wakil presiden urusan global perusahaan, Nick Clegg, mengatakan di CNN bulan lalu bahwa mereka sedang mengerjakan fitur Istirahat bersama dengan fitur serupa, semuanya dengan mempertimbangkan remaja.

"Ketika sistemnya "melihat" bahwa seorang remaja melihat konten yang sama berulang-ulang, dan konten itu mungkin tidak kondusif untuk kesejahteraan mereka, kami akan mendorong mereka untuk melihat konten lain," kata Clegg.

Seorang juru bicara perusahaan mengonfirmasi bahwa pengguna harus memilih fitur untuk mengaktifkannya tetapi mengatakan dalam email ke The Verge bahwa akan mengirimkan pemberitahuan.

Baca Juga: 3 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi, Mudah Dilakukan!

Sekilas fitur dalam video Mosseri menunjukkan prompt akan ditampilkan di feed pengguna tetapi tidak akan mengambil alih seluruh layar.

Secara teori, seseorang dapat menggulir melewatinya.

Kepala Instagram Adam Mosseri memperkenalkan uji coba fitur baru Instagram, Take a Break atau Istirahat. [Twitter]
Kepala Instagram Adam Mosseri memperkenalkan uji coba fitur baru Instagram, Take a Break atau Istirahat. [Twitter]

Jika memilih "aktifkan", mereka akan diminta untuk memilih berapa lama waktu yang ingin mereka habiskan di aplikasi sebelum mereka menerima pengingat.

"Ambil napas dalam-dalam, tulis apa yang Anda pikirkan, dengarkan lagu favorit Anda, lakukan sesuatu di daftar tugas Anda," tulis pengingat yang muncul.

Mosseri mengatakan, Instagram bekerja sama dengan pakar pihak ketiga untuk mendapatkan saran tentang kiat apa yang ditawarkan dan cara membingkai istirahat.

Jika perusahaan "nyaman" dengan fitur itu, bisa diluncurkan lebih luas bulan depan.

Itulah laporan terbaru yang menyebutkan kalau fitur baru Instagram Take a Break atau istirahat tengah menjalani uji coba. [Suara.com/ Dythia Novianty]

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak