Internet

CEO Instagram Ungkap Perlu Adanya Aplikasi Khusus untuk Anak-anak

Ini alasan CEO Instagram ingin membuat aplikasi khusus anak-anak.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)

Hitekno.com - CEO Instagram, Adam Mosseri menyampaikan kalau perlu adanya aplikasi khusus untuk anak-anak. Ia menganggap kalau hal ini tepat untuk dilakukan.

Tentunya ada alasan khusus kenapa CEO Instagram menyebut perlu untuk dibuat aplikasi tersendiri bagi anak-anak.

"(Membuat aplikasi khusus anak) adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Adam Mosseri, dikutip dari Phone Arena, Senin (1/11/2021).

Menurut Mosseri, aplikasi khusus anak dapat melibatkan orang tua untuk mengontrol dan mengawasi aktivitas mereka saat online.

Saat ini, usia minimum untuk membuat akun Instagram adalah pengguna yang berusia 13 tahun.

Adam Mosseri mengaku bahwa pihaknya kesulitan memverifikasi usia pengguna karena hanya mereka yang bisa memasukkan identitas usianya.

Dengan kata lain, seorang anak dapat dengan mudah menipu sistem untuk membuat akun Instagram.

Untuk mengatasinya, Mosseri mengungkap bahwa verifikasi pengguna bisa dilakukan dengan sistem Instagram yang melacak komentar 'selamat ulang tahun ke-12' di postingan.

Lebih lanjut, Mosseri berpendapat bahwa verifikasi usia lebih baik ditentukan dari sistem operasi seperti iOS atau Android, bukan di tingkat aplikasi.

Gagasan ini memang bukan ide buruk. Namun, ini bisa saja mengurangi pendapatan Facebook dan Instagram terkait iklan yang dipersonalisasi berdasarkan minat pengguna.

Perusahaan sebelumnya berencana menghadirkan Instagram Kids untuk pengguna yang berusia di bawah 13 tahun. Namun, rencana itu akhirnya ditunda.

Apakah tindakan tepat membuat aplikasi khusus untuk anak-anak seperti yang diusulkan CEO Instagram di atas? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait