Internet

Cara Convert Word ke Foto, Pakai Dua Metode Ini

Gunakan cara convert Word ke foto ini, berguna banget!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Inilah cara convert Word ke foto yang bisa kamu lakukan dengan mudah apabila ingin merubah file Word yang kamu miliki menjadi foto. Kamu pasti pernah kan mengirim dokumen tertentu dalam bentuk foto? Foto sendiri biasanya digunakan sebagai kelengkapan dokumen-dokumen penting.

Namun bagaimana kalau kamu diminta untuk mengirim dokumen berupa foto tapi dokumen yang kamu miliki tersebut merupakan dokumen Word?

Tidak perlu khawatir ya! Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk convert Word ke foto dengan mudah loh! File Word disebut dokumen, beberapa format untuk penyimpanan dokumen Word antara lain RTF, DOCX, serta DOC. Format dokumen RTF atau Rich Text merupakan bentuk file yang lebih besar namun bisa dibuka di sejumlah aplikasi.

Sementara itu file dengan format DOC adalah format yang dimiliki oleh Microsoft Word sebelum versi 2007. Setelah tahun 2007 muncul format baru yaitu DOCX yang dinilai jauh lebih ringan.

Sedangkan format berkas foto adalah cara terstandarisasi untuk mengatur dan menyimpan foto dalam format digital sehingga bisa dibuka atau ditampilkan melalui perangkat digital seperti komputer, laptop hingga HP.

Format yang paling sering dipakai pada foto adalah JPEG atau Joint Photographic Experts Group, karena mampu menampilkan berbagai warna dan gradient dengan cukup detail. JPEG juga biasanya dikenal sebagai JPG.

Secara default Microsoft Word memang menyimpan dokumen dalam format DOC atau DOCX namun Microsoft Word juga memiliki fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengubah hingga menyimpan format file foto. Jadi apabila kamu ingin convert Word ke foto kamu bisa memanfaatkan program Microsoft Word itu sendiri, tanpa perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Berikut ini cara convert Word ke foto dengan menggunakan Fitur Paste Special pada program Microsoft Word :

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu ubah menjadi foto
  2. Blok tulisan atau kalimat yang ingin kamu jadikan foto
  3. Selanjutnya klik kanan dan tekan tombol Copy pada tulisan atau kalimat yang kamu blok sebelumnya
  4. Setelah itu bukan dokumen baru pada program Microsoft Word. Kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol shortcut CTRL + N pada keyboard secara bersamaan
  5. Kemudian tekan icon anak panah kecil yang berada di fitur Paste pada bagian kiri atas
  6. Lalu pilih opsi tombol Paste Special
  7. Setelah itu akan muncul jendela paste special yang terdiri dari beberapa pilihan paste yang bisa kamu pilih, klik pada bagian opsi Picture (Enhanced Metafile)
  8. Lalu klik OK
  9. Kemudian klik kanan pada hasil convert Word ke foto tersebut
  10. Dan pilih menu Save as Picture
  11. Pilih folder yang kamu inginkan sebagai lokasi penyimpanan. Kemudian isi kolom File name dengan nama foto dan ubah format penyimpanan menjadi .jpg
  12. Klik save dan kamu sudah berhasil melakukan convert Word ke foto. File foto bisa kamu lihat pada folder penyimpanan yang kamu pilih sebelumnya

Selain menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Word, kamu juga bisa melakukan convert Word ke foto dengan mudah menggunakan situs converter. Sudah banyak situs converter yang yang bisa kamu pilih seperti situs Wordtojpeg.

Situs Wordtojpeg merupakan situs online gratis yang bisa membantu kamu mengubah dokumen Word menjadi sekumpulan foto dalam format JPEG yang teroptimasi tanpa mempengaruhi kualitas file kamu. Situs web ini menyediakan layanan pengubahan massal dan menerima file hingga 50 MB.

Convert Word to foto dengan menggunakan situs Wordtojpeg bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka browser kamu
  2. Setelah itu kunjungi situs Wordtojpeg pada https://Wordtojpeg.com/id/
  3. Pada tampilan awal halaman situs Wordtojpeg, Klik tombol UNGGAH FILE
  4. Kemudian kamu bisa memilih hingga 20 file Word yang ingin kamu ubah menjadi foto
  5. Setelah memilih file Word, klik tab Open pada bagian bawah
  6. Selanjutnya kamu tinggal menunggu hingga proses konversi selesai. Cepat atau lamanya proses convert Word ke foto tergantung dari banyaknya file Word yang kamu unggah
  7. Setelah proses konversi selesai kamu bisa Unduh hasil konversi JPG satu per satu atau klik tombol UNDUH SEMUA untuk mengunduh semua foto sekaligus dalam sebuah file ZIP.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin convert Word ke foto dengan praktis dan mudah. Gimana? bisa kan?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait