Internet

Cara Mudah untuk Mengcopy PDF ke Word, Termasuk File yang Terkunci

Nemun file PDF yang terkunci namun ingin dicopy ke Word? Gunakan cara mengcopy PDF ke Word ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)
Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah yang harus kamu lakukan apabila ingin mengcopy pdf ke word dengan cepat. Entah itu untuk tujuan pembelajaran ataupun pekerjaan, mengcopy pdf ke word sangat dibutuhkan agar kamu bisa melakukan proses pengeditan ataupun melakukan tindakan lainnya yang dibutuhkan dengan lebih mudah.

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf dan grafik vektor dua dimensi.

File dalam format PDF lebih sering digunakan oleh banyak orang karena format dokumen PDF lebih mudah diakses. Selain itu PDF biasanya digunakan untuk membuat surat resmi atau dokumen penting karena PDF memiliki fitur lock sehingga dokumen yang dikirim tidak bisa diedit.

Namun bagaimana kalau kita perlu mengcopy pdf ke word? Tenang saja ya mengcopy pdf ke word bisa kok kamu lakukan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengcopy pdf ke word :

  1. Buka file PDF yang ingin kamu copy teksnya ke dalam Microsoft Word
  2. Sorot teks PDF tersebut satu paragraf demi satu paragraf yang akan di copy ke Microsoft Word. Jadi jangan langsung copy satu halaman PDF sekaligus ya!
  3. Setelah kamu copy salah satu paragraf pada teks PDF, buka browser google chrome kamu
  4. Dengan mengcopy teks yang berasal dari PDF ke browser chrome akan membuat spasi pada teks PDF tadi menjadi tersambung kembali antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Jadi akan tetap menjadi satu paragraf yang utuh ya
  5. Apabila salah satu paragraf dari teks PDF tadi telah di copy di browser google chrome, tekan tombol ENTER maka kamu bisa melihat hasilnya
  6. Setelah di enter, kamu bisa copy kembali teks yang berada pada kotak pencarian google chrome. Dengan menerapkan langkah ini, maka teks dari PDF tersebut akan menjadi normal kembali dan siap untuk di copy pada Microsoft Word
  7. Apabila teks tersebut sudah di copy dari kolom pencarian google chrome maka kamu tinggal paste teks tersebut pada Microsoft Word
  8. Selesai! Semua teks tersebut sudah menjadi rapi dan akan menyesuaikan dengan margin yang telah kamu atur sebelumnya di Microsoft Word
WPS PDF. (WPS)
WPS PDF. (WPS)

Dengan melakukan cara mengcopy pdf ke word maka kamu bisa melakukan tugas menyalin dan menempelkan dokumen PDF ke Word dengan lebih cepat dan mudah. Namun tidak semua file PDF bisa di copy, terkadang kamu pasti pernah kan menemukan file PDF yang tidak bisa di copy?

Penyebab beberapa file PDF tidak bisa di copy biasanya karena file tersebut di kunci oleh pembuat dokumen tersebut. File PDF yang terkunci bukan berarti tidak bisa dicopy.

Nah apabila kamu ingin mengcopy pdf ke word tapi file tersebut dikunci, maka kamu harus membuka kunci tersebut lebih dahulu agar file PDF bisa di copy.

Salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk membuka file PDF yang terkunci dengan cara online adalah situs Unlock-pdf. Berikut ini cara untuk membuka kunci file PDF agar bisa di copy dengan menggunakan Unlock-pdf :

  1. Buka situs unlock-pdf di https://www.unlock-pdf.com/  pada browser kamu
  2. Kemudian klik menu Choose File, untuk mengupload file PDF yang terkunci
  3. Selanjutnya pilih file PDF yang ingin kamu buka kuncinya
  4. Lalu klik menu Unlock File
  5. Setelah itu maka secara otomatis file PDF yang tadi ingin kamu buka kuncinya akan terdownload
  6. Tunggu hingga proses download selesai dan file yang tadi sekarang sudah bisa kamu copy
  7. Selesai! Sekarang kamu tinggal paste ke Microsoft Word

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengcopy pdf ke word. Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kan? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait