Internet

Cara Mengubah PDF ke Word agar Bisa Diedit Lagi

Mau mengedit? Gunakan cara mengubah PDF ke Word ini.

Agung Pratnyawan

Mengubah PDF ke Word. (SmallPDF)
Mengubah PDF ke Word. (SmallPDF)

Hitekno.com - Inilah cara mengubah PDF ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah ketika ingin mengubah dokumen digital milik kamu menjadi format word sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan pengeditan pada dokumen tersebut. Kamu punya dokumen digital atau dokumen dengan format PDF yang ingin di edit? Kalau iya, kamu tidak perlu bingung lagi ya karena kamu bisa mengubah dokumen PDF kamu menjadi format Word loh.

PDF atau Portable Document Format merupakan format dokumen yang sangat serbaguna dan sering digunakan untuk membuat dokumen penting karena memiliki fitur lock sehingga dokumen yang dikirim tidak bisa diedit jadi ketika dokumen tersebut ingin dibagikan menjadi lebih aman.

Akan sulit untuk mengedit dokumen dalam format PDF, tapi bukan berarti tidak bisa ya. Untuk mengedit teks pada dokumen PDF kamu, kamu bisa melakukannya dengan cara mengubah PDF ke Word sehingga apabila dokumen tersebut dalam bentuk word akan lebih mudah untuk diedit.

Kenapa harus Microsoft word? Karena Microsoft word merupakan aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk mengetik teks dan mengolah suatu kata. Sehingga segala kegiatan pengolahan kata akan lebih mudah dilakukan apabila menggunakan Microsoft word.

Cara mengubah PDF ke Word bisa kamu lakukan dengan berbagai cara seperti dengan menginstall aplikasi tambahan pada perangkat kamu, cara mengubah PDF ke Word secara online maupun cara mengubah PDF ke Word secara offline.

Apabila kamu sering melakukan pekerjaan yang mengharuskan kamu sering merubah format file maka kamu bisa menginstall aplikasi tambahan pada perangkat kamu. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga gratis, selain itu banyak sekali fitur yang ditawarkan.

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa kamu install adalah PDF Converter. Selain bisa kamu gunakan untuk cara mengubah PDF ke Word, aplikasi PDF Converter ini juga bisa mengubah file PDF menjadi dokumen lainnya seperti Excel, Powerpoint, dan Text.

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)
Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Berikut ini adalah cara mengubah PDF ke Word melalui aplikasi PDF Converter:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi PDF Converter di Google Play Store
  2. Setelah aplikasi PDF Converter berhasil terinstall, kemudian buka aplikasi PDF Converter tersebut
  3. Selanjutnya pilih menu Mengubah dari PDF ke Word
  4. Kemudian pilih tombol Tambah dan pilih tab PDF
  5. Lalu kamu tinggal pilih file PDF yang ingin kamu ubah
  6. Selanjutnya pilih Word Document, Pilih jenis file yang ingin dikonversi dalam bentuk Word
  7. Setelah itu tekan OK
  8. Tunggu sampai proses Upload selesai, cepat atau lama nya proses upload file tersebut tergantung dari ukuran file PDF yang kamu upload
  9. Setelah File PDF berhasil diupload maka akan secara otomatis diubah menjadi Word
  10. Selesai! File tersebut akan tersimpan secara default di  folder Document Converter pada memori penyimpanan perangkat kamu

Apabila kamu tidak ingin repot menginstall aplikasi, cara mengubah PDF ke Word secara online ini bisa menjadi pilihan. Saat ini sudah banyak sekali website yang menyediakan layanan online converter untuk mengubah berbagai dokumen menjadi berbagai format.

Salah satu website yang bisa kamu kunjungi menggunakan browser kamu yaitu convertonlinefree.com. Website tersebut bisa kamu kunjungi tanpa perlu melakukan proses registrasi, kamu bisa langsung mengubah file PDF kamu menjadi file Word dan bisa memilih format file .doc atau .docx yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara mengubah PDF ke Word secara online bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Buka website convertonlinefree.com  pada browser kamu
  2. Kemudian pilih jenis file output yang kamu inginkan : PDF to DOC atau PDF to DOCX
  3. Selanjutnya klik Choose file dan pilih file PDF yang akan kamu ubah menjadi word
  4. Klik Convert dan tunggu sampai proses konversi selesai
  5. Setelah itu akan muncul pop up untuk men-download file PDF yang berhasil dikonversi, klik OK untuk menyimpannya pada perangkat kamu

Cara mengubah PDF ke Word juga bisa kamu lakukan menggunakan Microsoft Office loh! Jadi kamu tidak perlu pusing lagi karena di setiap PC atau laptop pasti sudah terpasang aplikasi Microsoft Word.

Pada Microsoft Office versi 2013 ke atas sudah menyediakan fitur untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF langsung di aplikasi Microsoft Word. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara mengubah PDF ke Word :

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop kamu
  2. Setelah itu pilih menu File
  3. Kemudian pilih opsi Open
  4. Selanjutnya pilih menu Browse dan pilih dokumen PDF yang ingin kamu ubah
  5. Setelah memilih dokumen PDF akan muncul pop up peringatan, klik OK
  6. Lalu Microsoft Word akan memindai dokumen PDF tersebut, Tunggu hingga proses convert selesai karena semakin banyak halaman PDF yang ingin kamu ubah ke word maka semakin lama proses pemindaiannya
  7. Setelah proses convert selesai, Pilih menu File
  8. Lalu klik Save As dan simpan file dalam format Word .doc atau .docx yang sesuai dengan kebutuhan kamu
  9. Selesai! File word sudah tersimpan di perangkat kamu dan siap untuk digunakan

Itulah cara mengubah PDF ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Baik itu menggunakan cara offline maupun online, kamu bisa membuat file PDF yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait