Gadget

Cara Mengubah Word ke PDF Pakai Microsoft Word, Mudah!

Pakai saja Microsoft Word, kamu bsa mengubah Word ke PDF dengan mudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah cara mengubah Word ke PDF yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengubah format tulisan kamu menjadi dokumen digital. Program Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft yang sering digunakan untuk mengetik, mengedit tulisan, membuat tabel, membuat grafik, menghitung bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak tepat.

Microsoft Word memiliki berbagai macam fitur yang fleksibel dan mudah digunakan, selain itu dokumen yang buat melalui Microsoft Word memiliki format yang bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tentu saja hal itu membuat kamu tidak perlu merasa khawatir ketika harus mengirimkan file word yang kamu buat dalam bentuk format dokumen apa pun seperti DOC, DOCX, RTF, PDF, dan berbagai format dokumen lainnya.

Nah apabila dokumen yang telah kamu ketik dalam Microsoft Word ingin diubah menjadi dokumen digital, maka kamu bisa menggunakan format PDF. PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Untuk mengubah Word ke PDF bisa kamu lakukan melalui 2 cara yaitu cara mengubah Word ke PDF melalui offline dan cara mengubah Word ke PDF melalui online.

Cara mengubah Word ke PDF secara offline bisa kamu lakukan melalui program Microsoft Word itu sendiri, lalu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka dokumen Word yang ingin kamu ubah ke PDF
  • Setelah itu klik tab menu File atau logo microsoft office (bagi pengguna office 2007) yang berada di samping kiri atas
  • Kemudian pilih opsi Save As dari daftar menu yang ada di sebelah kiri
  • Lalu pilih folder yang akan menjadi tempat kamu menyimpan file PDF tersebut
  • Pada bagian Filename kamu bisa merubah nama dokumen dan pada bagian Save as type pilih PDF (*.PDF) dari menu dropdown
  • Selanjutnya klik Save
  • Selesai! Walaupun kamu kembali ke halaman dokumen Word tapi file PDF dari dokumen tersebut sudah otomatis tersimpan dan akan terbuka di penampil PDF default kamu

 

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

Selain cara mengubah Word ke PDF secara offline, kamu juga bisa mengubah Word ke PDF secara online melalui browser kamu sehingga cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan PC, laptop ataupun HP kamu.

Saat ini sudah banyak website online yang memberikan layanan untuk mengubah Word ke PDF. Salah satu rekomendasi website online tersebut adalah ilovePDF.com, cara mengubah Word ke PDF melalui situs ilovePDF.com ini cukup mudah kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini :

  • Buka website ilovePDF.com pada browser kamu
    Apabila kamu membuka website ilovePDF.com, maka website tersebut akan muncul dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jika kamu ingin membuka website tersebut dalam Bahasa Indonesia maka kamu bisa membuka website ilovePDF.com/id
  • Ketika website ilovePDF.com terbuka, maka akan muncul berbagai macam pilihan menu. Setelah itu pilih menu Word ke PDF
  • Selanjutnya kamu tinggal upload file Word yang ingin kamu ubah ke PDF, pastikan kamu menunggu sampai proses upload completed
  • Setelah file tersebut berhasil di upload, klik tombol konversi
  • Kemudian tunggu hingga proses konversi selesai, cepat atau lambatnya waktu tunggu proses konversi hingga menunjukan 100% completed tergantung dari kecepatan koneksi internet yang kamu miliki
  • Jika sudah memastikan proses konversi selesai maka kamu sudah bisa download hasil konversi dokumen Word ke PDF tersebut
  • Selesai! Sekarang file PDF kamu sudah berada di memori penyimpanan pada perangkat kamu

Itulah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah Word ke PDF baik secara offline maupun online. Kamu bisa memilih cara mengubah Word ke PDF yang paling mudah menurut kamu. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi ya ketika tiba-tiba membutuhkan dokumen PDF tapi dokumen yang kamu miliki masih dalam format word. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait