Internet

Minta Solusi karena Terlilit Pinjol, Respons Netizen Tak Sesuai Perkiraan

Terlilit pinjaman online gegara beli ini, simak kisahnya berikut.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi pinjaman online. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi pinjaman online. (Pixabay)

Hitekno.com - Viral di media sosial sebuah tangkapan layar curhat seseorang yang tengah punya masalah dengan pinjaman online atau pinjol.

Seperti diketahui, pinjaman online memang tengah menjadi masalah yang serius. Bahkan, fenomena ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Kisah serupa dialami oleh pengguna Facebook dengan nama yang disamarkan. Pada sebuah grup dengan banyak anggota, pengguna tersebut curhat tengah terlilit pinjaman online.

Bedanya pinjaman yang digunakan merupakan fitur dari salah satu marketplace terkemuka di Indonesia bernama Pay Later.

Yang jadi menarik adalah alasan pengguna tersebut melakukan Pay Later. Alih-alih untuk kebutuhan mendesak, ia menggunakan Pay Later untuk membeli iPhone.

"Tolong infonya suhu, Minggu kemarin aku pinjam duit di *Pay Later 8 juta buat beli iPhone. Btw, aku cuma bayar setengahnya aja. Terus akhir-akhir ini nggak aku bayar limitnya nambah terus. Pihak **pee ngeWA aku niatnya mau ke rumah tapi nggak dateng-dateng," tulisnya mengawali curhatan.

"Tapi kalau misalnya gak aku bayar aku bisa dipenjara gak ya kan? Ini orang tua gak tau aku pinjam uang, tahunya aku beli HP 8 juta dengan uang hasil kerja aku sendiri. Padahal aku nggak pernah kerja."

"Bantu info dong suhu, aku mau kabur dari rumah cuma gara-gara diancam pihak **pee lewat WA bingung banget," imbuhnya.

Curhatan terlilin pinjol. (TikTok)
Curhatan terlilin pinjol. (TikTok)

Namun bukan solusi lepas dari lilitan utang pinjol yang didapat, netizen justru ramai-ramai mencercanya.

 Netizen mengatakan jika pengguna tersebut tidak sadar diri karena berani meminjam hanya untuk beli iPhone. Ditambah lagi posisinya adalah seorang pengangguran.

"Lagian nganggur beli iPhone pakai pinjol," nyinyir pengguna Tik Tok.

"Inilah pentinnya ilmu budgeting. Biar tahu batas hitang itu 30% dari total pendapatan. Lha ini pendapatan 0 utang 100%, yaudah meninggal," timpak yang lain.

Lihat videonya DI SINI.

Itulah video viral di media sosial soal curhatan terlilih utang pinjol. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait