Internet

Kena Strike Gegara Ini, Tara Arts dan Gema Serukan Kritik Keras ke YouTube

Gema kesal video main Mobile Legends dianggap Violent criminal organizations oleh YouTube.

Agung Pratnyawan

Tara dari Tara Arts Game Indonesia dan Gema. (YouTube)
Tara dari Tara Arts Game Indonesia dan Gema. (YouTube)

Hitekno.com - Tara Arts Game Indonesia dan Gema Show Indo, dua channel YouTube lawas mengaku sempat kena Strike dari YouTube. Dua Youtuber ini pun mengungkapkan apa saja video mereka yang kena 'hukuman' dari platform tersebut.

Melalui akun Instagramnya, pria bernama Gema Cita Andika tersebut membagikan kalau channel Tara Arts Game Indonesia milik Diwantara Anugrah Putra terkenal Strike 1 dari YouTube.

Sebagai diketahui, jika sampai keda Strike sampai tiga kali maka channel YouTube tersebut akan dihapus oleh YouTube. Jika baru satu, akan mendapatkan hukuman tidak bisa mengunggah video dan live streaming untuk beberapa hari.

Dalam postingannya, Gema menyampaikan kalau channel YouTube milik kakaknya ini kena strike karena video-video lama mereka. Konten yang sudah mereka buat 2 sampai 3 tahun silam, namun baru belakangan dianggap melanggar aturan YouTube.

Salah satunya dari konten Jangan Ketawa Challange sambil mereaksi video lucu. Namun konten yang mereka react tersebut dianggab berbaya oleh YouTube. Padahal hanya video prank tukang cukur jenggot kasih cream foam kepala pelanggannya.

Curhatan Gema saat channel YouTube Tara Arts Indonesia kena Strike YouTube. (Instagram/ mister_funtastic)
Curhatan Gema saat channel YouTube Tara Arts Game Indonesia kena Strike YouTube. (Instagram/ mister_funtastic)

Tara sendiri menyampaikan kritikannya pada aturan YouTube yang dianggapnya lebay. Ia menyebut kalau aturan terlalu menggeneralisir tanpa mempedulikan konteks. Youtuber ini memberikan gambaran apa yang sudah dilakukan stasiun televisi di Indonesia.

"Dear YouTube, Indonesia telah melakukan itu pada TV mereka, alhasil? Noh TV sekarang nayangin James Bond (dalam konteks film), postilnya di blur," tulisnya dalam akun Instagram diwantaraanugrah.

"Tetek sapi diperas (dalam konteks ilmu pengetahuan peternakan) tetek sapinya diblur," lanjutnya.

"Selamat, anda sudah sebaper dan selevel dengan TV Indonesia," sindir Tara Arts.

Tidak berhenti di sini, Strike yang diberikan YouTube bukan hanya ke channel Tara Arts Game Indonesia. Tak berselang lama channel Gema Show Indo kena Strike juga pada video main game yang diunggahnya.

Gema dalam postingan di Instagram menyampaikan kalau video dirinya main Mobile Legends menggunakan hero Johnson yang mendapatkan Strike dari YouTube. Lebih mengherankan lagi alasan kenapa sampai dikenai Strike.

Ternyata video main Mobile Legends tersebut dikategorikan sebagai konten "Violent criminal organizations" terlihat dalam screenshot yang diunggah Youtuber ini akun Instagram @mister_funtastic.

Video main Mobile Legends Gema Show Indo ke Strike YouTube dianggap organisasi kriminal. (Instagram/ mister_funtastic)
Video main Mobile Legends Gema Show Indo ke Strike YouTube dianggap organisasi kriminal. (Instagram/ mister_funtastic)

"EAKK nah lohh, pdhal cman video mobile legend, isinya ga ad candaan apa or gmn..literally maen Mobile Legends doank...kena," tulis Gema.

Tak sendiri, ternyata setelah Gema ramai koar-koar di Instagram, ada Youtuber lain yang mengaku mendapatkan hal serupa. Disampaikannya beberapa konten YouTube main game Far Cry dan Battlefield dianggap melanggar Community Guidelines YouTube juga.

Gema yang juga adiknya Tara ini juga meluapkan kekesalannya kepada YouTube melalui live streaming yang dilakukannya belum lama ini. Ia membagikan apa saja yang terjadi pada channel YouTube Tara Arts Game Indonesia dan Gema Show Indo.

Postingan Gema dan Tara soal Strike dari YouTube ini juga mendapatkan beragam komentar Youtuber dan tokoh ternama lainnya.

"Inilah akhir dari era Youtube gaming? Krn isinya violence semua kan. Di youtube ga boleh violence bolehnya main dinner dash kah?," komentar Eno Bening.

"Ampas," kesal Pokopow.

"Saya jadi berasa badass bisa kenal dengan anda…," komentar Dennis Adishwara.

Tara Arts sendiri memberikan sindiran akan membuat konten main gundu atau kelereng kalau video main game dianggap melanggar Community Guidelines YouTube.

Itulah kritikan keras Youtuber Tara Arts Game Indonesia dan Gema Show Indo pada mekanisme Strike YouTube yang dianggap tidak sesuai pada konteks video mereka.

Berita Terkait