Internet

Durasi Video TikTok Bakal Lebih Panjang, Begini Caranya Menggunakannya

Berapa panjang durasi video TikTok?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

Hitekno.com - Durasi video TikTok dikabarkan akan segera diperpanjang. Tidak menunggu tahunan, namun kemungkinan akan rilis beberapa bulan ke depan.

Hal ini dilaporkan oleh Analis Media Sosial Matt Navarra. Dalam unggahan Twitter, ia mengatakan bahwa platform video pendek asal China ini tengah menggarap durasi video menjadi lima menit. 

"TikTok sedang menguji batas upload video menjadi lebih lama hingga lima menit," kata Navarra sembari menyematkan screenshot dari TikTok, dikutip dari CNet, Kamis (26/8/2021).

Pada cuitan yang diunggah Navarra, TikTok menyebut bahwa untuk mendapatkan durasi hingga lima menit, pastikan pengguna lebih dulu memperbarui versi terbaru TikTok dalam bentuk aplikasi maupun website.

TikTok memang sedang gencar memperpanjang durasi videonya. Mulanya, aplikasi ini hanya memungkinkan kamu merekam video berdurasi 15 detik saja.

Setelah itu, angkanya naik menjadi 30 detik dan 1 menit pada Juli 2021 lalu. Namun tampaknya, banyak pengguna yang merasa tidak puas dengan durasi tersebut.

Oleh sebab itu, developer TikTok sendiri sedang melakukan uji coba agar durasi video bisa mencapai 5 menit nantinya.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

Sebelum fitur video durasi 5 menit itu rilis, ada baiknya kita semua tahu bagaimana cara menggunakannya.

Sama seperti ketika hendak merekam video berdurasi 15 detik, 30 detik, 1 menit dan 3 menit, cara merekam TikTok berdurasi 5 menit pun kemungkinan akan sama.

  • Langkah pertama:
    Kamu hanya perlu menekan tombol + pada layar ponsel kamu. Jika kamu sudah memiliki videonya, kamu tinggal klik menu Unggah dan pilih video yang ingin kamu upload.
  • Langkah kedua:
    Pilih durasi video yang kamu kehendaki, ada 15 detik, 30 detik, 1 menit dan 3 menit. Namun jika TikTok sudah merilis durasi 5 menit, kamu juga bisa memilih yang itu.
  • Langkah ketiga:
    Jika sudah, maka video kamu sudah siap di upload. Silahkan klik upload untuk membagikan video menarikmu tersebut.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan jika durasi video TikTok sudah diperbarui menjadi lima menit. Namun selama pengembang belum memperbaruinya, kamu hanya bisa mengunggah maksimal video berdurasi 3 menit saja.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait