Internet

TikTok Youth Mode, Fitur Baru yang Batasi Pengguna di Bawah 14 Tahun

Seperti apa fitur baru TikTok ini?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Hitekno.com - TikTok Youth Mode, disebut-sebut sebagai fitur baru yang akan diluncurkan dengan pembatasan usia pengguna.

Fitur baru ini disebut-sebut akan diluncurkan Douyin, TikTok Versi China dengan nama Youth Mode. 

Kehadiran fitur baru ini ditujukan untuk membatasi penggunaan aplikasi ke pengguna yang berusia di bawah 14 tahun.

Seperti diungkap The Verge, Senin (20/9/2021), Youth Mode ini memang masih memperbolehkan pengguna untuk mengakses Douyin.

Namun, penggunaan aplikasi hanya dibatasi maksimal hingga 40 menit per hari.

Mereka juga hanya bisa mengakses aplikasi Douyin pada pukul 06.00 hingga 22.00 waktu setempat. Setelah itu aplikasi tak bisa lagi diakses.

Adapun konten Douyin yang tersedia di Youth Mode ini akan berisi ragam topik pendidikan seperti sains, pameran di museum dan galeri, pemandangan cantik di seluruh negeri, materi sejarah, dan sebagainya.

Fitur baru TikTok, batasi usia pengguna. [Weixin]
Fitur baru TikTok, batasi usia pengguna. [Weixin]

ByteDance selaku pengembang Douyin mengatakan, fitur baru ini berlaku untuk pengguna yang memverifikasi identitasnya, termasuk nama lengkap dan usia.

Perusahaan juga mengarahkan orang tua untuk membantu anak-anak mereka untuk melakukan otentikasi nama asli maupun mengaktifkan Youth Mode saat diminta aplikasi.

Fitur Youth Mode ini sejalan dengan program baru pemerintah China untuk mengurangi waktu yang dihabiskan remaja dalam aktivitas online.

Bulan lalu, pemerintah mengumumkan kebijakan baru yang membatasi game online untuk pengguna di bawah 18 tahun.

Kini mereka hanya diizinkan bermain pada hari Jumat, akhir pekan, ataupun hari libur pada pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Mereka juga wajib mengisi identitas seperti nama asli hingga nomor telepon untuk mengakses game online.

Itulah laporan terbaru soal TikTok Youth Mode, fitur baru yang akan memberikan batasan usia pengguna di bawah 14 tahun. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait