Internet

Sebelum Posting, Ketahui Durasi Video TikTok

Seberapa panjang durasi video TikTok?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - Berikut ini durasi video TikTok yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih leluasa dalam membagikan video TikTok. Biasanya video pada aplikasi TikTok memiliki musik atau dialog dengan durasi 15-60 detik.

TikTok adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

Melalui aplikasi TikTok kamu bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung. Aplikasi Tiktok banyak digunakan sebagai media hiburan dengan melakukan challenge hingga mengikuti konten yang lucu dan seru.

Durasi video TikTok kini diperpanjang menjadi maksimal 3 menit. Sebelumnya, durasi video TikTok hanya 15-60 detik saja. Dengan durasi yang lebih panjang, kamu bisa membuat jenis konten baru atau memperluas konten di Tiktok dengan fleksibilitas ruang yang lebih banyak.

Nah untuk kamu yang ingin mencoba TikTok dengan durasi video TikTok 3 menit, berikut ini adalah cara mudah untuk merekam video TikTok yang bisa kamu lakukan dengan mudah langsung dari aplikasi TikTok pada HP kamu :

  1. Buka aplikasi TikTok dan pastikan kamu sudah memiliki akun TikTok. Cara membuat akun TikTok sangat mudah dilakukan, kamu tinggal klik sign up dan isi data seperti nama, email, dan password.
  2. Langkah selanjutnya adalah merekam video TikTok yang akan diunggah, kamu hanya perlu menyentuh tombol + ( tanda plus atau tambah ) yang terdapat di panel paling bawah pada halaman TikTok
  3. Jika kamu ingin menambahkan lagu, klik Sounds dengan logo musik, kemudian pilih lagu yang ingin kamu gunakan. Video juga bisa direkam menggunakan timer 3 detik atau 10 detik. Selain itu kamu juga bisa menyisipkan filter dan stiker yang disediakan cukup beragam pada aplikasi TikTok
  4. Lalu pilih durasi video TikTok sesuai yang kamu inginkan dengan menggeser bar durasi ke arah kanan
  5. Klik tombol lingkaran berwarna merah yang berguna untuk merekam video
  6. Setelah selesai, video TikTok yang telah kamu rekam tersebut sudah bisa ditonton!
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

Namun jika kamu sudah pernah membuat video TikTok dan ingin mengupload Video TikTok yang tersimpan di Galeri HP kamu, kamu tidak perlu repot-repot untuk membuka aplikasi TikTok terlebih dahulu. Kamu bisa dengan mudah memposting video TikTok langsung melalui aplikasi galeri. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi galeri yang tersedia pada HP kamu
  2. Kemudian cari dan pilih konten video yang ingin kamu upload ke TikTok
  3. Setelah itu, klik tombol Berbagi yang ada pada menu bar HP kamu
  4. Lalu pilih TikTok sebagai platform yang ingin kamu bagikan konten video tersebut
  5. Dan selanjutnya kamu bisa mengedit video tersebut di TikTok dengan tools-tools yang ada pada aplikasi TikTok
  6. Selanjutnya, kamu bisa mengisi kolom caption dengan kalimat, tagar, hingga tandai akun lain sesuai dengan apa yang ingin disampaikan lewat video yang ingin kamu upload tersebut
  7. Jangan lupa juga untuk mengatur beberapa hal privasi seperti mengizinkan konten video untuk diduetkan, stitch, sampai akses ke kolom komentar
  8. Langkah terakhir, kamu bisa langsung memposting video tersebut untuk disebarkan di TikTok

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan berapa lama durasi video TikTok? Dan itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk merekam video TikTok dan mengupload video TikTok. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait