Internet

Ketahui Ini Durasi Video Instagram, Konten Kreator Wajib Tahu

Sebelum posting, ketahui ini durasi video Instagram.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)
Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)

Hitekno.com - Inilah durasi video Instagram yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Pasti kamu sudah tidak asing kan dengan Instagram? Ya, Instagram saat ini semakin digemari dan populer di berbagai kalangan.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Pada aplikasi Instagram kamu bisa berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat melalui fitur–fitur yang tersedia di Instagram. Semua fitur tersebut memiliki durasi video Instagram yang berbeda-beda. Banyak video-video menarik yang diunggah oleh para pengguna Instagram yang pasti membuat kamu tertarik untuk menontonnya.

Nah, kamu juga bisa membagikan video-video yang menarik melalui fitur-fitur pada aplikasi Instagram yang tentu saja memiliki durasi video Instagram yang berbeda.

Berikut ini beberapa fitur dan durasi video Instagram yang perlu kamu ketahui sebelum mengupload video :

1. Durasi Video Instagram di Feed

Durasi video di Instagram yang diunggah ke feed hanya berdurasi 60 detik (1 menit) saja. Ketika kamu mengunggah video ke feed Instagram, video tersebut akan secara permanen tersimpan di akun kamu dan bisa dilihat kapan pun oleh followers Instagram kamu.

Kecuali, jika kamu memang berniat untuk menghapus atau mengarsipkannya. Nah, apabila durasi video yang ingin kamu bagikan di Feed lebih dari 60 detik, video tersebut bisa dipangkas terlebih dahulu sebelum di-upload, kemudian kamu bisa membagikan video sekaligus dalam satu postingan menggunakan fitur multiple posting, dengan cara :

  • Siapkan video yang ingin kamu bagikan
  • Kemudian klik ikon select multiple
  • Lalu pangkas video sambil mengurutkannya dan posting

2. Durasi Video Instagram di Instagram story

Durasi Video Instagram di Instagram story hanya bisa digunakan untuk membagikan video dengan durasi 15 detik. Instagram story akan hilang otomatis setelah 24 jam. Namun jika Instagram story menghilang setelah 24 jam, Instagram story tersebut tetap diarsipkan dan bisa diakses.

Fitur instastory bisa kamu gunakan dengan cara :

  • Buka aplikasi Instagram, lalu ketuk tanda + pada ikon Instagram Story
  • Pilih swipe up untuk menambahkan video
  • Kamu bisa memodifikasi video yang akan dibagikan menggunakan fitur yang ada di bagian atas layar
  • Ketuk menu Kirim ke, lalu pilih Cerita Anda
  • Klik Bagikan dan Selesai
Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)

3. Durasi Video Instagram di Reels

Instagram juga menyediakan fitur Reels yang bisa kamu gunakan untuk berbagi video pendek. Icon fitur Instagram Reels tersebut berada di tengah-tengah antara tab Home, Explore, Store, dan Profile.

Durasi video Instagram pada fitur Reels berdurasi satu menit alias 60 detik. Cara membagikan video melalui Reels yaitu :

  • Buka aplikasi Instagram, kemudian lihat tab di bagian bawah layar. Lalu klik ikon Reels yang berada di tengah
  • Pilih ikon kamera di pojok kanan atas layar. Lalu perhatikan pengaturan durasi, pastikan sudah berada di angka 60
  • Sesuaikan kecepatan perekaman video Instagram Reels
    Kamu bisa mengatur kecepatan perekaman video dalam gerak lambat maupun cepat. Untuk melakukannya, gunakan ikon 1x, 2x, 3x, 4x hingga 5x
  • Tambahkan filter ke Instagram Reels
    Kamu bisa memilih berbagai efek atau filter menarik untuk membuat video kamu lebih menarik. Caranya tekan ikon pada bagian kiri seperti gambar bintang tiga. Lalu pilih filter yang kamu inginkan
  • Atur timer video Instagram Reels
    Untuk mengatur timer, ketuk ikon timer di sebelah kiri dan kemudian atur durasi untuk klip (0,1 hingga 15 detik). Setelah selesai, ketuk pada Set Timer. Saat kamu memulai merekam klip, penghitung waktu akan muncul di layar
  • Tambahkan musik sesuai keinginan kamu agar lebih menarik
    Untuk melakukannya, ketuk ikon musik di sebelah kiri. Kemudian, cari musik atau lagu yang ingin dimasukan. Kamu bisa melihat lirik yang akan tampil di layar dan bisa memilih bagian mana dari lagunya
  • Rekam video Instagram Reels
    Ketika kamu sudah siap, tekan ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip. Setelah selesai, ketuk tombol yang sama untuk menghentikan rekaman. Kamu bisa percantik Instagram Reels dengan menambahkan teks, Emoji, dan Stiker
  • Post dan simpan video Instagram Reels setelah selesai pengeditan
    Jika kamu ingin menyimpan Instagram Reels di perangkat, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk tombol "Simpan" di bagian atas untuk menyimpan

4. Durasi Video Instagram di Instagram Live

Durasi Video Instagram di Instagram Live atau siaran langsung secara full di Instagram mencapai 60 menit dalam sekali tayang, durasi maksimal video saat live stream tidak terikat persyaratan tertentu.

Cara menjalankan fitur Instagram Live pun sangat mudah, kamu cukup swipe ke kiri, lalu geser ke Live pada opsi kamera. Apalagi ketika siaran langsung berakhir, video tersebut bisa langsung disimpan agar bisa dilihat kembali oleh followers Instagram kamu. Selanjutnya, apabila live stream lebih dari 1 jam atau 60 menit, kamu bisa melakukan siaran langsung yang berikutnya dan menyimpannya.

5. Durasi Video Instagram di IGTV

IGTV adalah fitur dari Instagram yang bisa kamu gunakan untuk meng-upload video dengan durasi lebih panjang. Namun durasi video Instagram melalui IGTV pada akun biasa bisa mengunggah video sekitar 1-15 menit.

Dan durasi video Instagram untuk akun yang sudah terverifikasi bisa meng-upload video hingga satu jam. Untuk menggunakan fitur IGTV kamu bisa mengikuti langkah berikut ini :

  • Masuk ke akun Instagram kamu dan klik tanda + di bagian bawah
  • Selanjutnya, pilih video yang ingin kamu jadikan IGTV dan klik tanda panah biru di kanan atas
  • Lalu, pilih opsi Long Video dan klik Continue
  • Setelah itu, kamu bisa memilih foto yang akan menjadi sampul atau thumbnail video IGTV kamu
  • Klik Add from Gallery untuk memilih foto, atau klik Next jika kamu ingin menjadikan awal video sebagai cover
  • Jika sudah memilih cover, maka preview cover IGTV akan ditampilkan. Jika sudah tepat, silahkan klik Next
  • Langkah terakhir, isi judul IGTV dan deskripsi. Kamu bisa menuliskan hashtag di bagian deskripsi. Lalu klik Post
  • Selesai! IGTV kamu sudah terupload

Itulah beberapa fitur pada Instagram yang bisa kamu gunakan untuk mengunggah video-video yang menurut kamu menarik dan bermanfaat untuk pengguna Instagram lainnya. Sekarang kamu sudah tahu kan durasi video Instagram yang bisa kamu buat melalui fitur-fitur tersebut? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait