Tips Memilih Smartwatch dan Pilihan di Harga Mulai dari Rp 500 Ribuan

Cek rekomendasi smartwatch ini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:02 WIB
Smartwatch Amazfit Bip U. (Amazfit)

Smartwatch Amazfit Bip U. (Amazfit)

Hitekno.com - Mencari smartwatch atau jam pintar untuk mendukung beragam aktivitas dan membantu pantau kondisi kesehatan kamu? Berikut ini ada pilihan dan tips memilih smartwatch untuk saat ini.

Pandemi yang masih terjadi di negeri ini menyadarkan kita bahwa kesehatan adalah hal paling utama untuk dijaga. Mulai dari membeli suplemen kesehatan, makan-makanan bergizi, memulai olahraga secara rutin hingga membeli alat penunjang untuk memonitor kesehatan secara berkala seperti smartwatch menjadi kebutuhan belakangan ini.

Namun demikian sebelum menentukan pilihan pada salah satu merk dan tipe smartwatch di atas. Kamu perlu menyimak beberapa tips memilih smartwatch di bawah ini :

Baca Juga: Dilengkapi eSIM, Amazfit GTR 2 LTE Akhirnya Meluncur

  • Pilih smartwatch yang sudah mendukung sertifikasi IP agar bisa digunakan di   dalam air.
  • Pilih smartwatch yang memiliki fitur Heart Rate Tracking.
  • Usahakan membelinya melalui gerai resmi untuk menjamin keaslian produk.
  • Jika membeli via Online, pastikan barang tersebut asli. Kalian bisa cek di bagian deskripsi produk atau menanyakannya pada pihak penjual.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan atau aktivitas kalian.

Berdasarkan hal tersebut di atas redaksi telah mengkurasi beberapa pilihan smartwatch direntang harga di atas Rp 500 ribuan yang bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan gawai andalah untuk memonitor kesehatan secara berkala.

1. Amazfit Bip U

Smartwatch Amazfit Bip U. (Amazfit)
Smartwatch Amazfit Bip U. (Amazfit)

Produk yang pertama kami rekomendasikan adalah Huami Amazfit Bip U. Produk yang satu ini memilki kriteria yang cukup lengkap untuk smartwatch direntang harga 500 ribuan, mulai dari sisi desain, fitur, dan harga.

Baca Juga: Review Amazfit GTR 2 Classic, Smartwatch Elegan Kalem nan Lengkap

Desain layar dimensi 40.9 x 35.5 x 11.4 mm dan bobot 31 gram. Tali strapnya memiliki ukuran 118 mm untuk long version dan 76 mm untuk short version dengan bahan silikon sementara layarnya berjenis IPS LCD berukuran 1,43 inci.

Selain itu produk yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur 60 mode olahraga yang dibutuhkan oleh para pengguna mulai dari lari outdoor dan indoor (treadmill), bersepeda outdoor dan indoor, berjalan, berenang, lompat tali, yoga, berbagai gaya menari dan seni bela diri, bola voli, dan banyak lagi.

Dan yang tak kalah pentingnya dan yang paling utama, Amazfit BIP U juga dilengkapi oleh fitur kesehatan dengan dua sensor penting di bagian belakang seperti BioTracker 2 PPG dan OxygenBeats untuk pengukuran detak jantung dan oksigen dalam darah.

Baca Juga: Review Amazfit GTR 2e, Baterai Awet Desain Kece!

Khusus sensor detak jantung atau BioTracker PPG, sensor ini dapat memantau berapa detak jantung pengguna secara real-time 24/7. Pengaturan bawaannya dapat mengukur denyut nadi dalam jangka 10 menit.

Jika mau diatur, jam juga menyediakan opsi mulai dari 1, 5, 10, 30 menit, atau lewat manual. Selain itu Amazfit Bip U juga dilengkapi baterai dan konektivitas yang cukup baik. Jam tangan ini mampu bertahan hingga tujuh hari dengan pemakaian terkoneksi smartphone dan kecerahan 50-25 persen.

Harga Amazfit Bip U: Rp 600 ribuan

Baca Juga: Review Amazfit GTS 2e, Smartwatch Super Canggih untuk Dukung Hidup Sehat

2. Samsung Galaxy Fit

Smartwatch Samsung Galaxy Fit. (Samsung)
Smartwatch Samsung Galaxy Fit. (Samsung)

Bagi mereka yang gemar fitness dan butuh perangkat wearable efisien untuk aktivitas seperti berjalan, berlari, dan bersepeda, maka Samsung Galaxy Fit jadi pilihan terbaik. Selain murah dan cocok untuk berolahraga, Galaxy Fit juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi seperti cuaca, siklus tidur, dan detak jantung.

Untuk memastikan performa berjalan dengan maksimal, Galaxt Fit menggunakan prosesor MCU Cortex M33F 96 MHz + M0 16MHz dan baterai 120mAh yang bisa bertahan hingga 7 hari. Selain itu, ini juga memiliki layar AMOLED 0,95 inci beresolusi 120 x 240 dan fitur NFC.

Harga Samsung Galaxy Fit Rp. 900 ribuan

3. Realme Watch

Smartwatch Realme Watch. (Realme)
Smartwatch Realme Watch. (Realme)

Tak mau kalah dari brand besar seperti Samsung, Realme juga mengeluarkan smartwatch terjangkau dengan desain menarik dan fitur lengkap yaitu Realme Watch. Desain dari smartwatch yang satu ini mirip seperti Apple Watch dan layarnya berukuran 1,4 inci dengan resolusi 320 x 320 serta telah diproteksi dengan Gorilla Glass 3.

Untuk fitur, Realme Watch tidak jauh berbeda dengan smartwatch kebanyakan, menyediakan asisten kesehatan seperti monitor detak jantung, kadar oksigen dalam darah, dan kualitas tidur. Plus, ini juga telah memiliki rating IP68 untuk tahan air serta debu dan total 12 watchface.

Harga Realme Watch Rp 800 ribuan

4. Fitbit Inspire

Smartwatch Fitbit Inspire. (Fitbit )
Smartwatch Fitbit Inspire. (Fitbit )

Fitbit Inspire merupakan smartwatch ramping yang menawarkan segala hal yang penggemar fitness butuhkan. Ini dilengkapi dengan monitor yang dapat melacak langkah, kalori yang terbakar, detak jantung, jarak, dan banyak lagi.

Dengan desain yang nampak kokoh, Inspire memiliki durabilitas yang baik serta dapat bertahan di bawah tekanan air di kedalaman 10 meter. Lebih lanjut, Inspire dibekali dengan layar OLED yang sangat responsif, baterai awet yang bisa bertahan hingga lima hari, Bluetooth 4.0 sebagai konektivitas dan kemampuan untuk menampilkan notifikasi dari HP.

Harga Fitbit Inspire: Rp 900 ribuan

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi smartwatch ramah kantong terbaik dengan harga di bawah Rp1 juta. Jika disuruh salah satu smartwatch keren di atas, mana yang akan kamu pilih?

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak