Gadget

Review Amazfit GTR 2 Classic, Smartwatch Elegan Kalem nan Lengkap

Material solid, fitur lengkap, desain elegan.

Agung Pratnyawan

Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)
Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Mencari smartwatch dengan tampilan elegan dan kalem namun memiliki fitur lengkap? Perangkat satu ini bisa jadi pilihan buat kamu. Simak berikut review Amazfit GTR 2 dari HiTekno.com.

Amazfit GTR 2 hadir sebagai smartwatch dengan fitur-fitur yang membantu pengguna dalam keseharian, terutama dalam pemantauan aktivitas. Namun bukan itu saja yang ditawarkan jam tangan pintar ini.

Dalam review Amazfit GTR 2 ini, HiTekno.com berkesempatan menjajal yang versi classic dengan frame berwarna silver dan stap leather. Hal ini membuatnya terkesan elegan namun tetap kalem.

Smartwatch ini juga hadir dalam versi Sports yang memiliki warna frame hitam dengan starp silikon. Keduanya sama-sama keren, tinggal sesuaikan dengan gaya dandanan kamu.

Desain dan Material

Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)
Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)

Amazfit GTR 2 memiliki desain yang minimalis dan solid. Dari ukuran diameter bulat 46,4 mm yang cocok untuk kebanyakan pergelangan pria, namun cukup besar untuk wanita.

Material yang ditawarkan smartwath ini juga terasa premium, dengan body berbahan stainless steel. Bahan ini membuat beratnya menjadi 39 gram tanpa strap, tidak terlalu berat untuk pergelangan tangan.

Jam tangan pintar ini menggunakan layar AMOLED berukuran 1,39 inchi dan beresolusi 454x454 piksel. Berkat panel mewah ini, Amazfit GTR 2 bisa menampilkan watch face hingga menu-menunya di bawah sinar matahari.

Desainnya sendiri memang terasa terlalu formal, sehingga kurang cocok jika dipakai dalam aktivitas latihan dan olahraga. Beruntung, smartwatch bisa gonta-ganti strap.

Untuk kamu yang suka gonta-ganti strap, tenang perangkat ini menggunakan strap universal quick release. Tidak perlu alat khusus untuk menganti strap ini, mudah dilakukan sendiri.

Amazfit juga menambahkan dua tombol fisik yang membuatnya terasa seperti jam tangan konvensional. Tombol atas untuk power yang sekaligus untuk mengakses menu dan app, sedangkan tombol bawah untuk aktivitas.

Untuk pengoperasian, juga menggunakan swipe. Ada swipe ke bawah untuk shortcut menu, swipe ke atas untuk notifikasi, dan swipe kanan juga kiri untuk shortcut app.

Untuk watch face, tersedia beragam pilihan. Baik dari digital hingga analog, yang bisa kamu sesuaikan dan dapatkan melalui store. Mau tampil futuristis maupun klasik juga bisa.

Fitur

Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)
Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)

Untuk pengguna Amazfit GTR 2 Classic, disarankan untuk menginstal aplikasi Zeep untuk lebih banyak mengakses fitur dan pengaturannya. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Fitur yang ditawarkan smartwatch ini tentu saja traking aktivitas yang mendukung beragam program latihan kamu. Telah tersedia beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan target kamu.

Seperti Outdoor Running, Walking, Outdoor Cycling, Treadmill, Indoor Cycling, Pool Swimming, Open Water Swimming, Climbing, Skiing, Trail Running, Free Training dan lainnya.

Untuk fitur lain, ada juga Activity Goal, Heart Rate, Workout, Weather, Music, Notifications, Alarm, Events, Compass, Timer, Countdown, dan Find Mobile. Juga masih ada Sleep Tracker untuk memantau kualitas tidur kamu.

Amazfit GTR 2 ini menggunakan PPG BioTracker untuk melakukan monitoring. Letaknya ada di sisi bawah yang menghadap ke kulit pergelangan tangan kamu. Berkat sensor ini bisa mengukur banyak hal.

Juga dilengkapi sensor Air pressure, Acceleration, Gyroscope, 3-axis geomagnetic, dan Ambient light. Smartwatch ini juga dilengkapi konektivitas Bluetooth 5.0 dan WLAN 2,4 GHz, ditambah GPS + GLONASS.

Soal ketahanan air, Amazfit menjanjikan water resistance sampai kedalaman 50 meter. Sehingga tidak perlu khawatir menggunakan jam tangan pintar ini untuk basah-basahan.

Ada juga speaker dan microphone yang terletak pada bagian bawahnya, dua fitur ini mendukung untuk melakukan panggilan telepon. Juga ada linear motor untuk menghasilkan getaran dalam notifikasi.

Baterai

Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)
Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)

Dalam review Amazfit GTR 2 Classic ini, HiTekno.com menjajalnya untuk beberapa aktivitas. Dari charging penuh, bisa sampai lebih dari seminggu pemakaian dengan aktivitas sehari-hari.

Amazfit sendiri mengklaim baterai 471 mAh dalam smartwatch ini bisa bertahan sampai 14 hari, dan 34 hari jika mengaktifkan mode hemat baterai. Sedangkan untuk pemakaian intensif hanya 6,5 hari saja.

Pengalaman HiTekno.com menjajal jam tangan pintar ini bisa bertahan cukup lama tanpa mengisi daya. Pengisian daya pun terasa cukup cepat, dari habis mencapai penuh.

Menariknya, charger bawaan Amazfit GTR 2 Classic telah menggunakan magnetik. Tinggal colokkan saja ke port USB atau kepala charger, dan sisi satunya akan menempel ke bagian bawah smartwatch menggunakan magnet.

Kelebihan

  • Layar AMOLED yang cerah
  • Baterai tahan lama
  • Antarmuka responsif
  • Material solid dan premium
  • Strap mudah diganti

Kekurangan

  • Terlalu formal untuk aktivitas olahraga
  • Koneksi ke smartphone harus lewat aplikasi Zee

Kesimpulan

Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)
Review Amazfit GTR 2 Classic. (HiTekno.com)

Hasil review Amazfit GTR 2 Classic mendapati kalau perangkat ini cocok untuk kamu yang mencari smartwatch formal dengan material solid. Juga memiliki daya tahan baterai lama dan fitur lengkap.

Berita Terkait