Internet

Cara Menggunakan Asisten Google, Hanya Butuh Tiga Langkah

Cara mengaktifkan asisten Google memang sangat mudah.

Dinar Surya Oktarini

Google Assistant. (Shutterstock)
Google Assistant. (Shutterstock)

Hitekno.com - Cara mengaktifkan asisten Google memang sangat mudah. Apalagi mengingat hampir setiap ponsel pintar yang beredar di pasaran saat ini dibekali dengan asisten Google.

Layaknya, asisten pada umumnya, asisten Google juga bisa sangat membantumu. Tak seperti Google Now yang hanya menyediakan percakapan satu arah, Asisten Google memungkinkan kamu untuk tanya jawab.

Kamu bisa bertanya apapun kepada Asisten Google kamu. Mulai dari berapa harga makanan korea, hingga berapa jarak antara rumah kamu ke sekolah.

Melalui Asisten Google, kamu juga bisa saling berbalas pantun serta menyalakan TV atau AC yang sudah terhubung dengan perangkatmu.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)
Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

Bukan hanya soal bertanya, Asisten Google juga akan membantu kamu membuat panggilan, membuka WhatsApp atau aplikasi tertentu hanya dengan perintah suara.

Kamu hanya perlu mengatakan "Hey Google" dan dia akan siap membantu apa yang tengah kamu butuhkan.

Di balik segudang manfaat tersebut, belum banyak masyarakat tanah air yang tahu bagaimana cara mengaktifkan Asisten Google.

Namun kamu tak perlu khawatir, tim Hitekno.com telah merangkum cara mudah untuk mengaktifkan Asisten Google di perangkat kamu.

Pertama adalah dengan perintah suara.

Di ponsel atau tablet kamu hanya perlu mengucapkan “Hey Google, open Assistant setting” atau pergi ke Assistant settings.

Kemudian di bawah All Setting silahkan tap General dan pilih pengaturan Asisten Google On atau Off. Dengan memilih pengaturan On, maka kamu telah mengaktifkan Asisten Google di perangkat kamu.

Selanjutnya, kamu harus melakukan setting agar Asisten Google mengenali suara kamu. Ini berguna agar dia terus terhubung dengan suara kamu ketika kamu sedang membutuhkan bantuan.

Cara untuk menyettingnya adalah:

1. Di ponsel atau tablet Android, ucapkan “Hey Google, open Assistant settings” atau pergi ke Assistant settings

2. Di bawah Popular Settings tap Voice Match

3. Pastikan Hey Google aktif

4. Tap Voice mode lalu latih ulang model suara

5. Ikuti langkah-langkah untuk merekam suara Anda

Itulah cara mengaktifkan Asisten Google di ponsel kamu secara mudah. Rasakan sensasi seolah punya asisten pribadi.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait