Internet

7 Alternatif Google Search yang Aman dan Akurat

Alternatif Google Search ini menawarkan hal yang berebda, apa itu?

Agung Pratnyawan

Google Search [Google].
Google Search [Google].

Hitekno.com - Berikut ini ada tujuh alternatif Google Search yang bisa kamu manfaatkan sebagai mesin pencari. Ada yang menawarkan akurasi, keamanan bagi pengguna, hingga pencarian untuk keperluan spesifik.

Google Search merupakan search engine atau mesin pencari paling populer yang digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Search engine keluaran tahun 1996 ini memang mendominasi dunia. Setidaknya 70% pencarian di internet dilakukan lewat Google. Saking populernya, orang-orang sampai sering refleks menyebut “googling” ketika mencari suatu informasi di internet.

Hasil pencarian Google Search juga jadi yang terlengkap sampai saat ini. Tidak hanya karena algoritmanya paling kompleks, tetapi juga karena ia menyediakan hasil pencarian dari kombinasi mesin pencarian lain.

Tetapi, ada banyak pihak yang mempertanyakan tentang seberapa aman Google Search ini. Dalam artian, apakah mesin pencari ini melacak pencarian, alamat IP, dan menyimpan cookies dan history saat pengguna menjelajah di internet.

Walaupun menjadi yang paling popular, mesin pencarian di internet tidak hanya Google Search. Alternatif Google Search ternyata banyak bertebaran di internet. Alternatif Google Search ini menawarkan fitur menarik dan kelebihan tersendiri.

Berikut 7 alternatif Google Search yang HiTekno,com rangkum untuk kamu.

1. DuckDuckGo

Logo mesin pencari DuckDuckGo. (DuckDuckGo)
Logo mesin pencari DuckDuckGo. (DuckDuckGo)

DuckDuckGo bisa dibilang termasuk mesin pencarian yang populer. Sejak diluncurkan pada tahun 2008, DuckDuckGo telah menempatkan dirinya sebagai ‘anti-Google’ dengan membawa jaminan privasi sebagai salah satu nilai jual utama.

Alternatif Google Search ini juga punya UI yang bersih dan menghadirkan hasil pencarian dari Yahoo, Yandex dan mesin pencari lain di samping Google. Alternatif Google Search, DuckDuckGo membawa fitur keren bernama “bangs”, di mana kamu bisa melakukan pencarian secara langsung ke situs-situs seperti Amazon, Wikipedia atau YouTube, yang dengan memulai pencari dengan tanda seru (contoh: !a, !w).

2. Microsoft Bing

Microsoft Bing. (Microsoft)
Microsoft Bing. (Microsoft)

Microsoft Bing adalah mesin pencari dengan market share terbesar setelah Google dan Baidu. Hal yang mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah.  Selain tampilan visual, alternatif Google Search ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Salah satunya adalah tempat menyimpan data hasil pencarian. Dari halaman pencarian kamu bisa menekan tombol (+) dan halaman yang kamu inginkan tersimpan di bagian My Saves.

Fitur ini tentunya memudahkan kamu mengarsipkan halaman penting. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menyimpan URL secara manual. Microsoft Bing juga terhubung dengan Microsoft Office Online.

Lewat halaman yang sama kamu bisa membuat berbagai dokumen secara online. Mulai dari Word, Excel,  PowerPoint, OneNote, Sway, hingga OneDrive. Kamu cukup login dengan akun Microsoft mengakses dan membuat dokumen yang diinginkan.

3. Yahoo! Search

Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)

Alternatif Google Search ini sempat tenar di dekade 2000-an. Akan tetapi kemudian tergerus oleh kehadiran mesin pencari baru seperti Google dan Bing. Kini, Yahoo! berpartner dengan Microsoft dan Bing untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih lengkap dan relevan bagi user. Karena kerja sama ini, Yahoo juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Alternatif Google Search, Yahoo! juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel. Salah satunya Yahoo! Answers, di mana kamu bisa menanyakan berbagai pertanyaan bertema spesifik untuk dijawab oleh pengguna internet. Selain itu terdapat pula Yahoo! Finance sebagai sumber informasi seputar ekonomi dan bisnis yang cukup update.

4. Wiki.com

Alternatif Google Search - Wiki.com. (Wiki)
Alternatif Google Search - Wiki.com. (Wiki)

Wiki.com merupakan mesin pencari yang didedikasikan untuk konten web atau web dalam bentuk wiki atau knowledge base. Alternatif Google Search ini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar topik tertentu. Alternatif Google Search ini tentunya lebih efektif dibandingkan mencari sepotong informasi di satu website dan melengkapi potongan lainnya di website yang berbeda.

Alternatif Google Search ini dilengkapi empat opsi pencarian yang bisa dipilih. Keempat opsi tersebut adalah all wikis, wikipedia only, people’s wikis only, dan encyclopedias only.

Di samping itu, Wiki.com juga memiliki opsi pencarian di Wiki yang kamu susun sendiri. Opsi ini diletakkan di bagian bawah halaman. Lewat opsi-opsi tersebut kamu bisa memaksimalkan hasil pencarian yang diinginkan.

5. Baidu

Alternatif Google Search - Baidu. (Baidu)
Alternatif Google Search - Baidu. (Baidu)

Baidu merupakan mesin pencari dengan market share terbesar kedua setelah Google. Alternatif Google Search berbahasa Mandarin ini juga sangat populer di Cina. Bahkan, Baidu menguasai lebih dari setengah market share di negara tirai bambu tersebut.

Baidu menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan Google. Selain pencarian konten berbasis web, Baidu juga dikenal sebagai mesin pencari dengan kemampuan pencarian konten MP3 yang ampuh.

Di samping pencarian lewat kata kunci, Baidu juga dikenal dengan berbagai opsi pencarian lain. Seperti halnya Google, Baidu juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian suara. Dengan fitur ini, kamu bisa lebih mudah melakukan pencarian.

Baidu juga memiliki opsi pencarian berdasarkan gambar. Kamu bisa mengunggah potongan gambar ke dalam kolom tersedia, maka seketika Baidu akan menunjukkan konten-konten yang mungkin berhubungan dengan gambar yang diunggah.

6. Ask.com

Alternatif Google Search - Ask.com. (Ask.com)
Alternatif Google Search - Ask.com. (Ask.com)

Ask.com sedianya adalah platfrom tanya jawab yang dibuat di tahun 1996. Alternatif Google Search ini kini berkembang menjadi mesin pencari dengan market share terbesar keenam di dunia. Ask bekerja sebagaimana mesin pencari pada umumnya.

Kamu bisa masukkan kata kunci yang dicari di kolom pencarian. Maka seketika, Ask.com akan memunculkan berbagai konten paling relevan sesuai dengan kata kunci. Terdapat dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau konten dalam web dan videos.

Alternatif Google Search ini juga memiliki plug-in yang bisa ditambahkan ke browser. Lewat alternatif Google Search ini kamu bisa mendapatkan berbagai konten menarik langsung di desktop.

7. Gibiru

Alternatif Google Search - Gibiru. (Gibiru)
Alternatif Google Search - Gibiru. (Gibiru)

Alternatif Google Search ini dirilis sejak 2009 lalu. Dengan tagline ‘Uncensored Private Search’, search engine ini bisa meyakinkan pengguna yang ingin mencobanya. Gibiru juga hadir dengan aplikasi mobile-nya sendiri, dan telah mendukung VPN saat dipakai.

Dalam hal privasi, search engine ini dikatakan tidak menyimpan informasi seperti password, history penelusuran, hingga alamat IP pengguna. Alternatif Google Search ini memiliki fitur All Result untuk menampilkan seluruh hasil dari pencarian tanpa terkecuali yang dicari pengguna, termasuk kemampuan mengakses bagi konten-konten yang dibatasi di internet.

Itulah tujuh Alternatif Google Search yang bisa jadi pilihan kamu.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait