7 Alternatif Google Search yang Aman dan Akurat

Alternatif Google Search ini menawarkan hal yang berebda, apa itu?

Agung Pratnyawan
Selasa, 13 Juli 2021 | 17:31 WIB
Google Search [Google].

Google Search [Google].

Hitekno.com - Berikut ini ada tujuh alternatif Google Search yang bisa kamu manfaatkan sebagai mesin pencari. Ada yang menawarkan akurasi, keamanan bagi pengguna, hingga pencarian untuk keperluan spesifik.

Google Search merupakan search engine atau mesin pencari paling populer yang digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Search engine keluaran tahun 1996 ini memang mendominasi dunia. Setidaknya 70% pencarian di internet dilakukan lewat Google. Saking populernya, orang-orang sampai sering refleks menyebut “googling” ketika mencari suatu informasi di internet.

Hasil pencarian Google Search juga jadi yang terlengkap sampai saat ini. Tidak hanya karena algoritmanya paling kompleks, tetapi juga karena ia menyediakan hasil pencarian dari kombinasi mesin pencarian lain.

Baca Juga: Bukan Google, Ini Mesin Pencari Terpopuler Pengguna Android di Eropa

Tetapi, ada banyak pihak yang mempertanyakan tentang seberapa aman Google Search ini. Dalam artian, apakah mesin pencari ini melacak pencarian, alamat IP, dan menyimpan cookies dan history saat pengguna menjelajah di internet.

Walaupun menjadi yang paling popular, mesin pencarian di internet tidak hanya Google Search. Alternatif Google Search ternyata banyak bertebaran di internet. Alternatif Google Search ini menawarkan fitur menarik dan kelebihan tersendiri.

Berikut 7 alternatif Google Search yang HiTekno,com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Selain Google, 5 Mesin Pencari Ini Juga Perlu Kamu Coba

1. DuckDuckGo

Logo mesin pencari DuckDuckGo. (DuckDuckGo)
Logo mesin pencari DuckDuckGo. (DuckDuckGo)

DuckDuckGo bisa dibilang termasuk mesin pencarian yang populer. Sejak diluncurkan pada tahun 2008, DuckDuckGo telah menempatkan dirinya sebagai ‘anti-Google’ dengan membawa jaminan privasi sebagai salah satu nilai jual utama.

Alternatif Google Search ini juga punya UI yang bersih dan menghadirkan hasil pencarian dari Yahoo, Yandex dan mesin pencari lain di samping Google. Alternatif Google Search, DuckDuckGo membawa fitur keren bernama “bangs”, di mana kamu bisa melakukan pencarian secara langsung ke situs-situs seperti Amazon, Wikipedia atau YouTube, yang dengan memulai pencari dengan tanda seru (contoh: !a, !w).

Baca Juga: Seribu Karyawan Google Protes Pembuatan Mesin Pencari Khusus Cina

2. Microsoft Bing

Microsoft Bing. (Microsoft)
Microsoft Bing. (Microsoft)

Microsoft Bing adalah mesin pencari dengan market share terbesar setelah Google dan Baidu. Hal yang mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah.  Selain tampilan visual, alternatif Google Search ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Salah satunya adalah tempat menyimpan data hasil pencarian. Dari halaman pencarian kamu bisa menekan tombol (+) dan halaman yang kamu inginkan tersimpan di bagian My Saves.

Baca Juga: 5 Mesin Pencari ini Dijamin Lebih Aman dari Google

Fitur ini tentunya memudahkan kamu mengarsipkan halaman penting. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menyimpan URL secara manual. Microsoft Bing juga terhubung dengan Microsoft Office Online.

Lewat halaman yang sama kamu bisa membuat berbagai dokumen secara online. Mulai dari Word, Excel,  PowerPoint, OneNote, Sway, hingga OneDrive. Kamu cukup login dengan akun Microsoft mengakses dan membuat dokumen yang diinginkan.

3. Yahoo! Search

Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)

Alternatif Google Search ini sempat tenar di dekade 2000-an. Akan tetapi kemudian tergerus oleh kehadiran mesin pencari baru seperti Google dan Bing. Kini, Yahoo! berpartner dengan Microsoft dan Bing untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih lengkap dan relevan bagi user. Karena kerja sama ini, Yahoo juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Alternatif Google Search, Yahoo! juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel. Salah satunya Yahoo! Answers, di mana kamu bisa menanyakan berbagai pertanyaan bertema spesifik untuk dijawab oleh pengguna internet. Selain itu terdapat pula Yahoo! Finance sebagai sumber informasi seputar ekonomi dan bisnis yang cukup update.

4. Wiki.com

Alternatif Google Search - Wiki.com. (Wiki)
Alternatif Google Search - Wiki.com. (Wiki)

Wiki.com merupakan mesin pencari yang didedikasikan untuk konten web atau web dalam bentuk wiki atau knowledge base. Alternatif Google Search ini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar topik tertentu. Alternatif Google Search ini tentunya lebih efektif dibandingkan mencari sepotong informasi di satu website dan melengkapi potongan lainnya di website yang berbeda.

Alternatif Google Search ini dilengkapi empat opsi pencarian yang bisa dipilih. Keempat opsi tersebut adalah all wikis, wikipedia only, people’s wikis only, dan encyclopedias only.

Di samping itu, Wiki.com juga memiliki opsi pencarian di Wiki yang kamu susun sendiri. Opsi ini diletakkan di bagian bawah halaman. Lewat opsi-opsi tersebut kamu bisa memaksimalkan hasil pencarian yang diinginkan.

5. Baidu

Alternatif Google Search - Baidu. (Baidu)
Alternatif Google Search - Baidu. (Baidu)

Baidu merupakan mesin pencari dengan market share terbesar kedua setelah Google. Alternatif Google Search berbahasa Mandarin ini juga sangat populer di Cina. Bahkan, Baidu menguasai lebih dari setengah market share di negara tirai bambu tersebut.

Baidu menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan Google. Selain pencarian konten berbasis web, Baidu juga dikenal sebagai mesin pencari dengan kemampuan pencarian konten MP3 yang ampuh.

Di samping pencarian lewat kata kunci, Baidu juga dikenal dengan berbagai opsi pencarian lain. Seperti halnya Google, Baidu juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian suara. Dengan fitur ini, kamu bisa lebih mudah melakukan pencarian.

Baidu juga memiliki opsi pencarian berdasarkan gambar. Kamu bisa mengunggah potongan gambar ke dalam kolom tersedia, maka seketika Baidu akan menunjukkan konten-konten yang mungkin berhubungan dengan gambar yang diunggah.

6. Ask.com

Alternatif Google Search - Ask.com. (Ask.com)
Alternatif Google Search - Ask.com. (Ask.com)

Ask.com sedianya adalah platfrom tanya jawab yang dibuat di tahun 1996. Alternatif Google Search ini kini berkembang menjadi mesin pencari dengan market share terbesar keenam di dunia. Ask bekerja sebagaimana mesin pencari pada umumnya.

Kamu bisa masukkan kata kunci yang dicari di kolom pencarian. Maka seketika, Ask.com akan memunculkan berbagai konten paling relevan sesuai dengan kata kunci. Terdapat dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau konten dalam web dan videos.

Alternatif Google Search ini juga memiliki plug-in yang bisa ditambahkan ke browser. Lewat alternatif Google Search ini kamu bisa mendapatkan berbagai konten menarik langsung di desktop.

7. Gibiru

Alternatif Google Search - Gibiru. (Gibiru)
Alternatif Google Search - Gibiru. (Gibiru)

Alternatif Google Search ini dirilis sejak 2009 lalu. Dengan tagline ‘Uncensored Private Search’, search engine ini bisa meyakinkan pengguna yang ingin mencobanya. Gibiru juga hadir dengan aplikasi mobile-nya sendiri, dan telah mendukung VPN saat dipakai.

Dalam hal privasi, search engine ini dikatakan tidak menyimpan informasi seperti password, history penelusuran, hingga alamat IP pengguna. Alternatif Google Search ini memiliki fitur All Result untuk menampilkan seluruh hasil dari pencarian tanpa terkecuali yang dicari pengguna, termasuk kemampuan mengakses bagi konten-konten yang dibatasi di internet.

Itulah tujuh Alternatif Google Search yang bisa jadi pilihan kamu.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak