Internet

Cara Membuat Drop Down List di Excel Cepat dan Mudah

Cara Membuat Drop Down List di Excel, mempermudah pekerjaan.

Dinar Surya Oktarini

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft Excel merupakan software yang sering dijumpai di dunia kerja. Fungsi utama dari Microsoft Excel yaitu melakukan penghitungan, sehingga aplikasi ini digunakan oleh banyak pengguna, baik bagi pelajar maupun pekerja kantoran. Hampir semua pekerjaan di bidang akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang lainnya menggunakan perangkat lunak ini.

Meskipun munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Excel tetap menjadi perangkat lunak spreadsheet standar dalam dunia kerja. Setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus, terutama rumus untuk menyelesaikan masalah logika. Selain rumus, Excel juga memiliki banyak fitur yang bermanfaat salah satunya fitur drop down list. Cara membuat drop down list di Excel sering kali dianggap sulit dan rumit.

Drop down list atau disebut juga combo box merupakan fitur yang ada di Microsoft excel yang berfungsi untuk memudahkan input data dari daftar yang sudah sehingga dapat mengantisipasi kesalahan pengetikan data dan mempercepat proses input data agar data menjadi valid. Berikut cara membuat drop down list di Excel yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Cara Membuat Drop Down List di Excel

Ada dua cara yang bisa kamu coba untuk membuat drop down list di Excel. Kedua cara ini dibedakan berdasarkan input data list yang lakukan secara langsung atau menggunakan data yang sudah ada.

1. Cara membuat drop down list di Excel dengan input data Validation

Cara membuat drop down list di Excel pertama yaitu dengan memasukan data list secara langsung dan hanya dipisahkan oleh tanda koma atau titik koma saja. Hal ini pada umum disebut comma-separated value. Berikut cara membuat drop down list di Excel dengan input data Validation.

• Cara membuat drop down list di Excel pertama pilih dan blok cell yang ingin kamu buat untuk drop down list.
• Cara membuat drop down list di Excel selanjutnya anda pilih tab menu Data > Data Validation atau kamu juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol ALT + A + V pada keyboard.
• Setelah kamu pilih data validation maka akan muncul halaman box data validation
• Lalu anda pilih List di kolom dropdown Allow.
• Kemudian pada kolom Source, isikan dengan daftar list yang ingin kamu masukan dengan dipisahkan koma atau titik koma sesuai dengan excel kamu.
• Cara membuat drop down list di Excel selanjutnya centang Ignore Blank untuk membolehkan drop down tidak diisi atau kosong dan In-cell dropdown untuk membuat list berbentuk drop down.
• Lalu yang terakhir klik tombol OK maka anda sudah berhasil membuat drop down list

2. Cara membuat drop down list di Excel dengan input data list dari Sheet lain

Cara membuat drop down list di Excel berikutnya dengan input data list dari sheet lain. Langkah untuk cara ini sebenarnya juga sama dengan input data langsung yang membedakannya pada isian kolom sourcenya.

• Ikuti langkah dari nomor 1 sampai nomor 4 cara membuat drop down list di Excel dengan input data Validation.
• Cara membuat drop down list di Excel selanjutnya kamu klik tool seleksi sheet yang ada pada source untuk menyeleksi daftar list yang ada di sheet lain.
• Kemudian jangan lupa centang bagian Ignore Blank dan In-cell dropdown
• Cara membuat drop down list di Excel lalu tekan OK

3. Cara Edit Drop down List di Excel

Setelah Cara membuat drop down list di Excel maka kamu juga harus tahu cara edit drop down list di Excel, berikut langkah-langkahnya:

• Pilih cell atau range yang ingin di edit drop down listnya
• Buka option box ” Data Validation” dengan cara pilih tab menu Data > Data Validation atau kamu juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol ALT + A + V pada keyboard
• Setelah option box ” Data Validation” muncul, silakan edit perubahan yang diinginkan
• Selanjutnya beri centang pada kotak yang bertulis “Apply these changes to all other Cell with the same setting” untuk menerapkan perubahan di semua cell/range yang terpengaruh data validasi
• Setelah itu klik OK

Cukup mudah bukan cara membuat drop down list di Excel. Selamat mencoba!

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait