Internet

Belajar Rumus VLOOKUP Excel, Bikin Makin Jago!

Makin jago, begini rumus VLOOKUP Excel.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)

Hitekno.com - Kali ini tim HiTekno.com akan mengajak kamu untuk belajar rumus VLOOKUP Excel agar kamu semakin jago dalam sofware Excel.

Sebelum fokus pada bagaimana dan apa saja rumus VLOOKUP terlebih dahulu kita perlu berkenalan dengan apa itu VLOOKUP.

Secara garis besar, rumus excel VLOOKUP merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain berdasarakan kata kunci tertentu.

Misalnya saja ketika kamu berprofesi sebagai HRD di salah satu perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Akan sulit bagi kamu untuk mengecek satu-satu nama dan nomor ID karyawan yang ingin kamu lihat.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Mengacu pada masalah tersebut, di sinilah rumus VLOOKUP biasa digunakan untuk mencari nama karyawan berdasarkan ID nya.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, fungsi VLOOKUP mengatakan:

=VLOOKUP(Apa yang ingin Anda cari, di mana Anda ingin mencarinya, nomor kolom di dalam rentang berisi nilai untuk dikembalikan, mengembalikan hasil yang Hampir sama atau Persis – yang diindikasikan sebagai 1/TRUE, atau 0/FALSE).

Dengan rumus tersebut, maka data yang kamu cari akan muncul tanpa perlu pusing untuk meneliti satu per satu.

Lalu, bagaimana cara memulai menggunakan rumus VLOOKUP ini? kamu tidak perlu khawatir, tim Hitekno.com telah merangkum tutorialnya secara jelas khusus buat kamu.

1. Yang perlu kamu perhatikan pertama adalah bahwasannya ada empat potongan informasi yang akan diperlukan untuk membangun sintaks VLOOKUP.

Empat potonga informasi tersebut adalah:

  1. Nilai yang ingin Anda cari, juga disebut nilai pencarian.
  2. Rentang tempat nilai pencarian berada. Ingat bahwa nilai pencarian harus selalu berada di kolom pertama dalam rentang agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Sebagai contoh, jika nilai pencarian berada dalam sel C2, rentang Anda harus dimulai dengan C.
  3. Nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai kembali. Misalnya, jika Anda menentukan B2:D11 sebagai rentangnya, Anda harus menghitung B sebagai kolom pertama, C sebagai kedua, dan sebagainya.
  4. Secara opsional, Anda dapat menentukan TRUE jika menginginkan hasil yang mendekati atau FALSE jika menginginkan hasil yang sama persis dari nilai kembali. Jika Anda tidak menentukan apa pun, nilai default akan selalu menjadi TRUE atau hasil yang mendekati.

Setelah itu, masukkan satu per satu informasi tersebut ke dalam rumus berikut ini:

=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang berisi nilai pencarian, nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, Hasil yang hampir sama (TRUE) atau Hasil yang sama persis (FALSE)).

Jika langkah yang kamu lakukan benar, maka tingkat keberhasilan kamu untuk mencari data menggunakan VLOOKUP ini memiliki tingkat keberhasilan hingga 99%.

Itulah sesi belajar rumur VLOOKUP Excel dari tim Hitekno.com. Selamat mempraktekkannya ya!

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait