Internet

Cara Menghitung Rata-rata di Excel dengan Cepat

Cara menghitung rata-rata di Excel ini sangat berguna lho.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Cara menghitung rata-rata di Excel ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, juga mudah untuk dilakukan.

Di dunia kerja tentunya tidak bisa lepas dari penggunaan software Microsoft Office, salah satunya Excel. Fungsi utama dari Microsoft Excel yaitu melakukan penghitungan, sehingga aplikasi ini digunakan oleh banyak pengguna, baik bagi pelajar maupun pekerja kantoran.

Microsoft Excel memiliki banyak sekali rumus, dan tidak banyak orang mengetahui apa saja rumus-rumus penghitungan yang dapat dipecahkan oleh Microsoft Excel.

Salah satu rumus yang sering digunakan adalah rumus average atau rata-rata. Rumus Average merupakan salah satu rumus excel yang termasuk ke dalam kategori fungsi Statistik (Statistic Function). Pada umumnya tidak sulit menggunakan rumus average ini.

Cara menghitung rata-rata di Excel sendiri merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data dibagi dengan banyaknya data.

Pada umumnya nilai rata-rata digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data. Berikut cara menghitung rata-rata di Excel yang HiTekno.com untuk kamu.

Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Cara menghitung rata-rata di Excel ada dua. Kamu bisa menghitung atau mencari rata-rata dengan bentuk baris dan kolom.

1. Cara Menghitung Rata-Rata di Baris Excel

Ketika menggunakan excel untuk melakukan perhitungan, biasanya kalian akan menjumpai angka-angka dalam sebuah baris dan angka tersebut harus dihitung nilai rata-ratanya. Cara menghitung rata-rata di Excel dalam sebuah baris dengan mudah.

Berikut Cara menghitung rata-rata di Excel dalam baris:

  • Cara menghitung rata-rata di Excel pertama, silahkan pilih baris yang berisikan angka yang akan kalian hitung nilai rata-ratanya.
  • Tuliskan rumus di kolom nilai rata-rata
  • Cara menghitung rata-rata di Excel selanjutnya, tuliskan rumus untuk mencari nilai rata-rata di bagian kolom Nilai Rata-rata. Rumus mencari rata-rata di excel adalah Average, untuk cara penggunaannya adalah tambahkan simbol ‘=’ (sama dengan) di depan average.
  • Cara menghitung rata-rata di Excel kemudian tambahan kurung buka ‘(‘ setelah average dan kurung tutup ‘)’ setelah memasukan tempat/kotak dari angka-angka yang ingin dicari rata-ratanya.
  • Di langkah kedua setelah membuat kurung buka, kalian bisa blok baris yang berisi angka-angka tersebut kemudian tekan Enter. Setelah itu akan muncul nilai rata-rata dari baris tersebut.
  • Atau kalian bisa menuliskan tempat dimana data tersebut berada, dalam data, misal di C2 sampai C13. Jadi jika dituliskan akan menjadi: =average(C2:C13)
  • Cara menghitung rata-rata di Excel selesai, sekarang kalian sudah berhasil mencari nilai rata-rata dari sebuah angka dalam baris di excel.

2. Cara Menghitung Rata-Rata di Kolom Excel

Selain baris, di excel juga ada kolom. Terkadang ada juga saat dimana kita harus mencari nilai rata-rata dalam sebuah kolom di excel. Sebenarnya cara menghitung rata-rata di Excel tidak jauh berbeda dengan cara pertama.

Berikut cara menghitung rata-rata di Excel dalam kolom:

  • Tentukan kolom berisi angka yang ingin kalian cari nilai rata-ratanya.
  • Cara menghitung rata-rata di Excel selanjutnya, tulis rumus rata-rata di bagian atau baris Nilai rata-rata. Sama seperti sebelumnya, gunakan rumus average untuk mencari rata-rata.
  • Kemudian, masukan kolom yang berisi data angka seperti cara sebelumnya. Dalam hal ini rumus yang saya gunakan akan menjadi: =average(C2:J2)
  • Setelah menekan enter, akan muncul hasil nilai rata-rata dari kolom berisi angka-angka tersebut. Cara menghitung rata-rata di Excel selesai.

Tidak sulit bukan untuk hitung rumus rata-rata Excel? Selamat mencoba!

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait