Internet

5 Rumus Excel Paling Banyak Dicari dan Dipakai, Nomor 3 Pasti Tak Asing

Apakah kamu hafal rumus Excel dasar ini?

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft Excel, salah satu software yang banyak digunakan hampir semua lapisan masyarakat. Mungkin kamu malah hafal rumus Excel?

Popularitas software spreadsheet ini tidak diragukan lagi, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja.

Nah, berikut ini rumus excel paling digunakan yang perlu kamu ketahui.

Microsoft Excel memiliki beragam fungsi vital yang berkaitan dengan hal-hal penting dalam kehidupan seperti keuangan, industri, statistik hingga penelitian.

Bahkan ketika Anda menjadwalkan sesuatu, Anda juga butuh excel agar jadwal tersusun rapi dan mudah dimengerti.

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, excel memiliki rumus-rumus yang dapat membantu Anda dalam menjumlah, mengalikan, hingga mengelola data dan teks lebih mudah serta cepat.

Akan lebih memudahkan jika kamu bisa menghafl beberpa rumus dari softwre Microsoft Excel lengkap dengan cara memakainya.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

 

Berikut ini lima rumus excel yang paling banyak dicari.

1. MATCH

MATCH berguna untuk mencari suatu nilai tertentu pada range, list, atau tabel lalu mengembalikan hasil atau menampilkan posisi relatif sebuah nilai yang dikenal dengan sebutan range, list, atau tabel. Tujuan utama menggunakan rumus ini ialah mencari nomor urutan nilai. Misalnya, Nana, Fafa, Rara, maka posisi relatif pada Rara adalah nomor 3.

Rumus MATCH: Syntax: =MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type]

2. INDEX

Index berguna untuk mengambil sebuah nilai dari range atau tabel yang tersedia. Contohnya, Anda ingin mengetahui atau mengambil nilai dari kata 'Sawi' yang ada pada excel dari list kolom sayuran. Anda bisa melakukan rumus tersebut dengan cara mengindex lokasi nilai yang diinginkan.

Rumus Index: Syntax: =INDEX(array, row_num, [column_num])

3. SUM

Untuk menjumlahkan suatu bilangan pada daftar Excel, Anda bisa menggunakan SUM dengan cara menambahkan data per cell dalam satu range maupun beberapa range.

Rumus SUM: Syntax: =SUM(number1,[number2],…)

4. LOOKUP

LOOKUP berguan untuk mencari sebuah bilangan nilai pada suatu kolom maupun row. Rumus ini sebenarnya sudah jarang digunakan karena kebanyakan orang telah beralih ke rumus VLOOKUP atau HLOOKUP.

Rumus LOOKUP: Syntax: =LOOKUP(lookup_value,array)

5. IF

IF berfungsi untuk mengembalikan atau menampilkan suatu nilai apabila ada pernyataan yang BENAR atau menampilkan sebuah nilai jika pernyataan bernilai SALAH. Rumus IF ini bisa digunakan untuk banyak keperluan seperti menggabungkan fungsi IF bersamaan atau IF bersarang yakni fungsi IF dalam IF. Rumus ini bisa digunakan hingga 64 fungsi IF.

Rumus IF: Syntax: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

Itulah beberapa rumus excel paling banyak dicari dan digunakan yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu bisa menghafalnya? (Kontributor Suara.com/ Lolita Valda Claudia).

Berita Terkait