Internet

Cocok untuk Para Guru, Ini Cara Membuat Ranking di Excel

Memudahkan para guru, begini cara membuat ranking di Excel.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)

Hitekno.com - Cara Membuat Ranking di Excel ini berguna jika kamu adalah seorang yang berprofesi sebagai guru yang ingin menentukan peringkat dari nilai rapor pada murid, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Dengan menggunakan teknik otomatis ini maka banyak waktu yang lebih bermanfaat untuk hal lain dan tidak perlu harus membuang waktu lama dalam membuat ranking.

Dalam pembuatan ranking biasanya terdapat kumpulan nilai dari mata pelajaran dari siswa, dan setiap nilai tersebut akan dijumlahkan secara keseluruhan.

Setelah semua nilai dijumlahkan maka setiap siswa akan mendapatkan nilai total dari semua mata pelajaran, selanjutnya diperlukan rumus untuk merangking dari semua total nilai yang siswa dapatkan.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Untuk langkah-langkah membuat ranking bisa ikuti cara berikut ini.

  • Langkah 1 : Siapkan data nilai mata pelajaran siswa
  • Langkah 2 : Jumlahkan data nilai siswa menggunakan fungsi =SUM, Sebagai contoh : Data siswa dimulai dari kolom C sampai dengan kolom I
  • Langkah 3 : Pada Cell K5 silahkan masukkan rumus =RANK(J5,J$5:J$14) kemudian tekan tab enter untuk mendapatkan hasilnya
  • Langkah 4 : Jangan lupa untuk menambahkan simbol $ sebelum angka, tujuannya agar nilainya tidak berubah ketika disalin ke Cell yang lain
  • Langkah 5 : Jika cara diatas gagal maka ganti tanda koma “,” setelah J5 menjadi tanda titik koma “;” karena biasanya setiap excel berbeda-beda.
  • Langkah 6 : Langkah terakhir silahkan Cell K5 disalin ke Cell K6 sampai dengan Cell K14, dengan cara tekan CTRL+C pada cell K5 selanjutnya CTRL+V pada cell K6 sampai K14.
    Selesai

Penjelasan:

  • =RANK adalah fungsi untuk membuat ranking atau peringkat
  • J5 adalah posisi yang diberikan peringkat
  • J$5:J$14 adalah seluruh nilai siswa

Itulah tadi tentang cara membuat ranking otomatis di excel, semoga dapat membantu dan memudahkan dalam melakukan pekerjaanmu yang setiap harinya sebagai guru.

Dengan beberapa langkah singkat ini kamu bisa dengan mudah melakukan sebuah urutan untuk peringkat dari setiap nilai variabel yang banyak dan menjadikannya nilai rata-rata yang kemudian diurutkan sesuai peringkatnya. Mudah bukan ? Selamat mencoba

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait