Internet

Bocah 9 Tahun Jadi Youtuber Raup Ratusan Miliar Setahun, Inilah Sosoknya

Ternyata penjalanan menjadi Youtuber sukses ini tidaklah mulus.

Agung Pratnyawan

Ryan Kaji, Youtuber dengan Pendapatan Tertinggi di 2019. (Instagram/ ryansworld)
Ryan Kaji, Youtuber dengan Pendapatan Tertinggi di 2019. (Instagram/ ryansworld)

Hitekno.com - Ryan Kaji, telah sukses menjadi Youtuber muda yang sukses besar. Bahkan di usianya yang masih 9 tahun, bocah ini sukses meraup pululuhan juta pertahunnya, atau bisa mencapai ratusan miliar rupiah pertahun.

Dikutip HiTekno.com dari The Guardian, Youtuber cilik ini diperkirakan menghasilkan 29,5 juta dolar AS pertahun atau setara dengan Rp 424,5 miliar tiap tahunnya.

Pendapatan Rian Kaji sebanyak ini diperkirakan hanya dari pendapatan channel YouTube Ryan's World yang dikelolanya bersama kedua orang tua. Belum dari sumber pendapatan lainnya.

Selain dari YouTube, bocah kelahiran 6 Oktober 2011 ini juga mendapatkan dari penjualan marchendise dan kerja sama dengan berbagai brand mainan juga pakaian anak.

Diperkirakan penghasilan dari mainan dan pakaian yang memakai branding dari channel YouTube Ryan's World mencapai 200 juta dolar AS atau bisa setara dengan Rp 2,9 triliun.

Ryan Kaji, Youtuber dengan Pendapatan Tertinggi di 2019. (Instagram/ ryansworld)
Ryan Kaji, Youtuber dengan Pendapatan Tertinggi di 2019. (Instagram/ ryansworld)

Youtuber Cilik Berpenghasilan Tinggi

Ryan Kaji mulai jadi Youtuber sejak Maret 2015 silam. Berawal dari menonton video review mainan di sana. Hingga bertanya kepada ibunya kenapa ia tidak ada di YouTube seperti anak-anak dalam video yang ditontonnya.

Orang tua bocah ini akhirnya setuju membuatkan channel YouTube, dan memulai untuk membuat video review mainan. Ternyata video-video review mainan dari Ryan Kaji banyak diminati.

Hingga channel YouTube Ryan's World berkembang menjadi besar. Bahkan sekarang telah memiliki lebih dari 30 juta subscriber, dan telah menghasilkan lebih dari 47 juta view.

Namun perjalanan channel YouTube bocah 9 tahun ini tidaklah mulus. Seperti belum lama ini orang tua Ryan Kaji mendapatkan tuntutan Komisi Perdagangan Federal AS dengan tuduhan tidak melaporkan nilai iklan dengan benar.

Video-video Ryan Kaji dianggap kurang secara jelas membedakan mana yang konten review atau ulasan, mana konten iklan berbayar. Terlebih konten-kontennya ditujukan pada penonton usia muda.

Itulah Ryan Kaji, youtuber cilik yang berpenghasilan tinggi. Berkat channel YouTube Ryan's World yang akhirnya membawanya menjadi seperti sekarang ini.

Berita Terkait