Internet

WhatsApp Uji Coba Fitur Baru untuk Kirim Video Berkualitas Tinggi

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp punya pilihan mengirim video dalam kualitas tinggi atau tidak.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Hitekno.com - WhatsApp tengah melakukan uji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim video berkualitas tinggi, seperti dilaporkan WABetaInfo.

Nantinya dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa memilih apakah mau membagikan video dalam kualitas yang lebih rendah.

WABetaInfo melaporkan kalau WhatsApp tengah mengerjakan fitur baru yang disebut Video Upload Quality.

Fitur baru ini telah tersedia di WhatsApp versi beta 2.21.14.6 untuk perangkat Android.

Dalam screenshot yang ditampilkan, pengguna memiliki tiga opsi pilihan untuk membagikan video. Mulai dari Auto (recommended), Best quality, dan Data saver.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Opsi Auto akan membaca algoritma untuk menentukan kompresi terbaik dalam mengirim video. Sementara Best quality akan memaksa aplikasi untuk mengirim video dengan resolusi tertinggi.

Sedangkan opsi terakhir memungkinkan pengguna untuk mengirim video yang disesuaikan apabila tidak memiliki jaringan bandwidth tinggi. Video akan dikompres dengan resolusi lebih rendah.

Bagi yang memilih Best quality, proses pengiriman video diperkirakan bakal lebih lama karena tergantung kecepatan jaringan yang dimiliki ataupun perangkat yang digunakan.

Namun berkat fitur ini, WhatsApp dapat memberikan pengalaman menonton video yang lebih baik.

Namun perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum ada informasi kapan WhatsApp merilisnya ke versi publik.

Di sisi lain, WhatsApp tidak mengizinkan pengguna untuk mengirim video yang berukuran lebih dari 16MB. Video ini memiliki durasi setara 90 detik hingga tiga menit. Belum jelas apakah batas itu akan terus berlaku ketika fitur resolusi tinggi diluncurkan.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur baru yang memungkinkan mengirimkan video berkualitas tinggi. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait