Internet

Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen

Bagini cara menghapus grup WhatsApp dengan mudah.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Fitur WhatsApp grup memudahkan kamu berkomunikasi dengan banyak orang, seperti pekerjaan dan banyak hal lain, namun ada kalanya fitur tersebut membuat kesal, begini cara menghapus grup WhatsApp dengan mudah. 

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone, jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa kamu pergunakan di ponsel lama. Aplikasi ini digunakan di hampir semua lingkaran pertemanan, kolega, dan keluarga kita. Terlebih lagi, aplikasi ini makin merekatkan lingkaran tersebut karena ada fitur grup. Grup WhatsApp merupakan salah satu fitur yang menjadi favorit bagi pengguna.

Biasanya satu pengguna memiliki banyak sekali grup WhatsApp. Banyaknya grup WhatsApp yang dimiliki, terkadang membuat kamu memiliki banyak notifikasi pesan masuk dari orang-orang di grup. Hal ini terkadang membuat beberapa orang terganggu, karena pesan yang tidak ada hentinya masuk ke grup WhatsApp tersebut.

Ada juga ingin menghapus grup WhatsApp karena memang sudah tidak terpakai. Lalu bagaimana cara menghapus grup WhatsApp? Berikut cara menghapus grup WhatsApp. 

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Allie)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Allie)

Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen

Cara menghapus grup WhatsApp secara permanen ini bisa kamu lakukan baik di Android ataupun iPhone.

1. Pertama, kamu buka grup WhatsApp yang ingin dihapus. Setelah itu, kamu masuk ke halaman pengaturan grup dengan cara mengetuk bagian namanya.

2. Sebelum menghapusnya, kamu perlu mengeluarkan seluruh anggota grup terlebih dulu dengan cara pilih anggota - remove - OK. Lakukan Cara menghapus grup WhatsApp yang sama untuk setiap anggota grup.

3. Setelah semua anggota kamu keluarkan, kini hanya kamu yang tersisa di dalam grup. Selanjutnya, Cara menghapus grup WhatsApp pilih opsi Exit group yang terletak di bawah, lalu pilih EXIT.

4. Setelah keluar, WhatsApp akan menanyakan kamu sebagai admin apakah ingin menghapus grup atau report sebagai spam. Pilih Delete group lalu pilih DELETE.

Siapa Saja yang Bisa Menghapus Grup WhatsApp?

Cara menghapus grup WhatsApp hanya bisa dilakukan oleh admin, walaupun dia bukan yang membuatnya selama bisa mengeluarkan peserta lain termasuk admin lain maka dia bisa melakukan penghapusan grup. Kesimpulan, menghapus grup WhatsApp itu harus dengan cara mengeluarkan dulu semua anggota setelah itu kamu juga ikut keluar dan terakhir lakukan penghapusan.

Manfaat Menghapus Grup WhatsApp

Meski sering merasa tidak enak, menghapus grup WhatsApp justru memiliki manfaat tersendiri yang bisa kamu dan anggota lain dapatkan, seperti berikut ini:

1. Terbebas Dari Konten Tidak Berfaedah
Sudah bukan rahasia lagi kalau grup WhatsApp tidak cuma digunakan sebagai alat komunikasi antar anggotanya, tapi juga umum digunakan sebagai penyalur kegalauan atau ketidakjelasan individu di dalamnya. Mulai dari kiriman konten hoax, broadcast tidak penting, sampai siraman rohani yang sering kali malah memicu perdebatan antara para anggotanya.

2. Melegakan Kembali Ruang Penyimpanan
Perlu kamu tahu bahwa data file kontak, history chat, hingga file media seperti foto, video, dan rekaman suara yang dikirimkan ke WhatsApp akan mengurangi jumlah ruang penyimpanan yang HP kamu miliki. Oleh karena itu, daripada kamu menimbun grup WhatsApp yang sudah tidak lagi dipakai dan membuat memori penuh, lebih baik kamu coba pertimbangkan untuk menghapusnya. Atau kalau kamu bukan grup admin, kamu bisa coba cara menutup grup WhatsApp sementara.

3. Menghindari HP Menjadi Lemot
Memori HP yang terlalu penuh pastinya akan membuat handphone kamu semakin lemot dan bahkan bukan tidak mungkin akan sering mengalami lag. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini terjadi kamu bisa coba cara menghapus grup WhatsApp.

Begitulah cara menghapus grup WhatsApp secara permanen pun sudah selesai. Untuk menghapus kontak anggota grup WhatsApp, kamu harus melakukannya satu per satu.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait