Internet

Sebelum Upload, Ini Ukuran Video Instagram TV

Berikut deretan ukuran video Instagram TV.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi IGTV. (Pixabay/raphaelsilva)
Ilustrasi IGTV. (Pixabay/raphaelsilva)

Hitekno.com - Kamu perlu tahu ukuran video instagram tv jika kamu lebih banyak memanfaatkan sosial media mu sebagai konten kreator agar hasilnya lebih maksimal dan profesional.

Jika kamu salah memilih ukuran yang tepat bisa jadi hasilnya tidak maksimal karena video terpotong atau tidak dapat diunggah.

Instagram TV atau IGTV memiliki beberapa persyaratan yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah mengenai ukuran video yang dapat diunggah.

sumber foto: Paul Thurrott/thurrott.com
sumber foto: Paul Thurrott/thurrott.com

Durasi Video

Jika kamu mencoba upload video untuk IGTV maka durasi videonya adalah minimal 1 menit, selain itu untuk durasi maksimal adalah 15 menit jika kamu menggunakan handphone dan 60 menit jika upload via website instagram.

Selain durasi video ada beberapa hal yang perlu kamu tahu yaitu ukuran dan resolusi video sebelum kamu upload ke IGTV.

  • Kamu bisa mengunggah video vertikal dengan rasio aspek 9:16 atau video horizontal dengan rasio aspek 16:9.
  • Video harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik) dan resolusi minimal 720 piksel.
  • Ukuran file maksimal untuk video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650 MB. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB

Biasanya video yang diunggah ke IGTV akan secara otomatis membuat cover / foto sampul yang diambil dari potongan dalam video tersebut.

Dan untuk memaksimalkan video instagram TV kamu perlu membuat sebuah foto sampul yang menarik agar follower mu tertarik untuk menonton dari cuplikasi foto sampul tersebut.

Dan untuk membuat cover IGTV atau foto sampul video IGTV maka ukuran yang kamu persiapkan adalah 420 px kali 654px (atau rasio 1:1,55).

Satu hal penting lainnya yang harus kamu ketahui tentang IGTV adalah kamu tidak bisa mengedit foto sampul setelah diunggah.

Jadi pastikan sebelum mengunggah / upload video di Instagram TV kamu mengetahui ukuran yang tepat agar hasilnya bagus dan maksimal.

sekarang kamu sudah mengerti kan berapa ukuran video Instagram TV yang tepat agar hasilnya lebih maksimal dan tidak terjadi masalah saat proses upload karena size yang terlalu besar atau durasi terlalu lama.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait