Internet

Terbaru, Instagram Kini Dukung Video Landscape di IGTV

Hingga kini Instagram mendukung video vertikal yang merupakan fokus fitur IGTV selama peluncurannya hampir setahun yang lalu.

Dinar Surya Oktarini

Fitur landscape IGTV. (Instagram)
Fitur landscape IGTV. (Instagram)

Hitekno.com - Platform berbagi foto dan video kini tidak semua berbentuk video vertikal. Pihak Instagram mengumumkan bahwa video longform format panjangnya, IGTV sekarang akan mendukung format video landscape.

Dilansir dari laman The Verge, hingga kini Instagram mendukung video vertikal yang merupakan fokus fitur IGTV selama peluncurannya hampir setahun yang lalu.

Namun, Instagram mengatakan bahwa perubahan itu terjadi karena beberapa pembuat IGTV dapat mengubah smartphone mereka untuk menontonya dalam layar penuh.

''Kami menyadari ini adalah evolusi dari tempat IGTV dimulai, kami percaya ini adalah perubahan yang tepat untuk pemirsa dan pembuat'' ujar pihak Instagram dalam blog.

Dalam banyak hal, membuka IGTV lebih dari sekedar video vertikal mirip ketika pihaknya membuka Instagram untuk lebih dari sekedar foto persegi pada tahun 2015.

Fitur landscape IGTV. (Instagram)
Fitur landscape IGTV. (Instagram)

 

Hal ini memungkinkan kreativitas untuk berkembang dan keterlibatan pengguna meningkat, sehingga pihaknya percaya hal yang sama akan terjadi lagi dengan IGTV.

IGTV telah berjuang untuk membuat ciri khas, khususnya dibandingkan dengan aplikasi Tik Tok yang telah melahirkan banyak meme, dan musik hits.

Tak seperti YouTube, Instagram tidak memiliki layanan penempatan iklan yang membayar pembuat konten dan merek belum mulai membayar pembuat konten untuk IGTV format panjang.

Untuk pembuat yang mempublikasikan terutama di YouTube, pindah ke IGTV yang juga berarti membuat potongan konten mereka secara terpisah atau memfilmkannya dengan cara yang berbeda untuk membuat tampilan video dengan benar.

Hal ini merupakan pekerjaan lebih untuk pembuat konten kreator, namun ketika Instagram mengizinkan pengguna membagikan link video ke IGTV mereka tahun ini, maka jumlah penonton akan meningkat.

Meskipun Instagram melepaskan bagian integral dari merek IGTV dengan mengorbankan video vertikal, hal litu mungkin mendorong pencipta untuk melakuakn cross-post konten mereka di berbagai platform.

Berita Terkait