Merasa Gagal dan DO dari Kampus, Pendiri Twitter Kini Berharta Rp 174 T

Jack Dorsey menekuni banyak hal sebelum ia akhirnya berhasil mendirikan Twitter.

Rezza Dwi Rachmanta
Senin, 14 Juni 2021 | 11:15 WIB
CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)

CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)

Hitekno.com - Pantang menyerah dan terus berusaha rupanya merupakan hal baik yang bisa dipetik dari kesuksesan sang pendiri Twitter, Jack Dorsey. Pernah drop out (DO) dari kampus dan menekuni banyak hal, Jack Dorsey kini masuk dalam 500 besar orang terkaya di dunia.

Melalui Bloomberg Billionaire Index, Jack Dorsey tercatat menempati urutan ke-181 dengan harta 12,4 miliar dolar AS atau Rp 176,3 triliun (daftar peringkat hingga 14 Juni 2021).

Rupanya Jack Dorsey pernah merasa sebagai sosok yang gagal sebelum dirinya berhasil mengembangkan Twitter.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen, Anti-Ribet

Bahkan cuitan pertamanya di Twitter telah laku 2,9 juta dolar atau Rp 41,2 miliar. "Just setting up my twttr," cuit Jack Dorsey untuk mengetes platform jejaring sosial yang berhasil dibuatnya.

Kalimat tersebut diunggah pada 21 Maret 2006 dan termasuk cuitan bersejarah di Twitter. Jack Dorsey tak menyelesaikan kuliah dan tercatat drop out dari Missouri University dan New York University.

CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)
CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)

Dikutip dari CNBC, Dorsey keluar dari New York University dan dipecat dari perusahaannya sendiri (perusahaan online untuk pengiriman taksi dan jasa kurir).

Baca Juga: Pendiri Telegram Sebut Pengguna iPhone Jadi Budak Digital Apple

Akhirnya dia pindah ke St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, tempat di mana ia dibesarkan. "Saya merasa gagal," kata Dorsey kepada The New Yorker. Jack Dorsey rupanya menekuni banyak hal di St. Louis, termasuk ilustrasi botani dan terapi pijat.

Dorsey ”sangat senang mengunjungi Missouri Botanical Garden, tempat dia melakukan studi menggambar pohon beringin, dengan akarnya yang bercabang”, lapor The New Yorker.

Dirinya langsung membuang gagasan menjadi tukang pijat setelah kembali ke San Francisco dan menemukan bahwa “semua orang adalah terapis pijat.”

Baca Juga: Pendiri Adobe, Charles Geschke Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/ Yucel Moran)
Ilustrasi Twitter. (Unsplash/ Yucel Moran)

Dorsey juga tertarik pada dunia desain fashion. Ia mengagumi karya pembuat jeans Scott Morrison, pendiri merek jeans seperti Paper Denim & Cloth.

Ketika mengamati pesan instan, Dorsey bertanya-tanya apakah keluaran status pengguna dapat dibagikan dengan mudah di antara teman-teman.

Kemudian Dorsey bersama Biz Stone (pendiri Twitter lainnya) memutuskan bahwa teks SMS sesuai dengan ide pesan status dan membangun prototipe Twitter selama dua minggu.

Baca Juga: Hadapi Tantangan Sulit, Pendiri Huawei Ungkap Pentingnya Kolaborasi

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/edar)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/edar)

Dalam buku berjudul "Hatching Twitter: A True Story of Money, Power, Friendship, and Betrayal" yang ditulis oleh Nick Bilton pada 2013, Dorsey masih menyukai banyak hal ketika berhasil membuat Twitter.

Selama hari-hari awalnya sebagai CEO Twitter, Dorsey mengambil kelas desain fashion di Apparel Arts, sebuah sekolah desain di San Francisco.

Dorsey meninggalkan kantor Twitter sekitar jam 6 sore untuk kelas menggambar, sesi yoga, dan kursus di sekolah mode lokal. Pada suatu waktu, pendiri lain serta sosok yang berpengaruh pada investasi Twitter, Evan Williams pernah memberikan tawaran cukup menohok kepada Dorsey.

"Anda bisa menjadi penjahit atau CEO Twitter. Tapi Anda tidak bisa menjadi keduanya," kata Evan Williams. Meski begitu, Jack Dorsey mengaku bahwa dirinya masih serius mengerjakan proyek Twitter di malam hari.

Pada suatu waktu, Dorsey pernah mengatakan bahwa dirinya bisa bekerja 10 hingga 16 jam untuk mengerjakan suatu proyek. Beberapa kali mengalami kegagalan hingga DO dari kampus, Jack Dorsey membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi CEO Twitter dan masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak