Internet

Soal Ujian SD Tampilkan Bumi Datar, Netizen Layangkan Protes Keras

Apakah pembuat soal percaya Bumi Datar?

Agung Pratnyawan

Bumi Datar Tampil di Soal Ujian SD. (Twitter/ MurtadhaOne1)
Bumi Datar Tampil di Soal Ujian SD. (Twitter/ MurtadhaOne1)

Hitekno.com - Netizen dikejutkan dengan sebuah soal ujian SD yang menampilkan Bumi Datar. Langsung saja tangkapan layar soal tersebut sampai viral di media sosial hingga menuai protes.

Soal ujian SD dengan menampilkan Bumi Datar ini tidak hanya mendapatkan protes dari orang tua murid, namun juga netizen di media sosial.

Soal ujian yang dinilai nyeleneh tersebut kemudian disebarkan oleh akun Twitter @MurtadhaOne1. Dalam cuitannya, akun ini menyentil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Selamat pagi mas menteri @nadiemmakarim dan @Kemdikbud_RI. Ada laporan dari orang tua murid kelas 6 SD bahwa di soal ujian anaknya kemarin, bumi digambar datar seperti ini. Kalau benar, apakah pembuat soalnya percaya bumi datar?," cuit @MurtadhaOne1 seperti dikutip oleh HiTekno.com dari BeritaHits.Id.

Akun ini turut membagikan tangkapan layar berupa protes yang diduga ditulis orang tua murid. Ia mengungkapkan anaknya sekolah di SD swasta Baros Cimahi secara daring.

Kemudian pada Rabu (5/5/2021), sang anak yang duduk di bangku kelas 6 SD menjalani ujian sekolah dari rumah. Tiba-tiba, anaknya bertanya mengenai soal gambar bumi datar dalam soal ujian SD yang dinilai aneh.

"Anak saya kaget dan berkata ke saya, 'Ini aneh Pa. Masa sih gambar bumi dibikin datar!' Katanya ke saya setengah teriak. Saya juga sontak kaget, lantas mendekati laptop yang digunakan anak saya ujian sekolah," beber sang ayah.

Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)
Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)

Saat diperiksa, benar saja ada gambar berupa Bumi digambar secara datar di nomor 30 mata pelajaran IPA. Ayah ini lantas mengkritik pendidikan nasional yang dinilai sudah kecanduan kadrun.

"Saya lihat nomor soal ke-30 itu. Waduh bener euy, gambar planet Bumi dibikin datar. Parah! Pendidikan nasional kebanyakan canda atau sudah kecanduan kadrun!," kritik ayah itu.

"Dalam soal IPA untuk US 2021 No.31, digambarkan seluruh planet yang mengelilingi Matahari berbentuk bulan. Namun, Bumi menjadi satu-satunya yang digambarkan datar," bebernya.

Melihat soal ujian SD yang viral di media sosial tersebut, orang tua anak tersebut menilai soal itu menyesatkan ilmu pengetahuan.

"Mana ada Bumi berbentuk datar? Ilmu pengetahuan sudah disesatkan. Yang mengeluarkan soal dari mana kah? Masa dibikin main-main pendidikan ini ya? Apa kadrun sudah menguasai Kemendiknas? Gawat," tulis ayah tersebut.

Hingga saat ini, masih belum diketahui secara pasti mengenai kebenaran soal tersebut. Pihak Kemendikbud juga belum memberikan komentar.

Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)
Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)

Namun, banyak netizen ikut memprotes mengenai soal menyesatkan itu di kolom komentar Twitter.

"Apakah ini yang dimaksud merdeka belajar? Merdeka menganggap bumi datar atau segitiga?," sindir netizen.

"Gak lucu candaan dunia sekolah. Monggo pak, kerahkan para dirjen," saran netizen.

"Soal ujian sekolah ya ditanyakan ke sekolah dan Dinas Pendidikannya dulu," tambah yang lain.

"Anak yang cerdas. Guru pembuat soal juga sekolah yang meloloskan perlu diselidiki karena dengan sengaja menyesatkan ilmu pengetahuan," tegas netizen.

"Wah ternyata ada lagi ditemukan kaum bumi datar. Semoga proses seleksi soal dan buku-buku untuk pendidikan Nasional dapat lebih ketat dan berjenjang," kata netizen.

Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)
Viral Bumi Datar Jadi Soal Ujian SD. (Twitter/@MurtadhaOne1)

Itulah soal ujian SD yang menampilkan Bumi Datar jadi sorotan netizen hingga viral di media sosial. (BeritaHits.id/ Ruth Meliana Dwi Indriani).

Berita Terkait