Internet

Netizen Indonesia Disebut Tak Sopan, Ini 4 Korban 'Serangan' Mereka

Separah apa tingkat kesopanan Netizen Indonesia?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi netizen. (Pixabay)
Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Hitekno.com - Netizen Indonesia disebut-sebut memiliki tingkat kesopanan lebih rendah dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Termuat dalam laporan riset Microsoft dalam Digital Civility Index 2020.

Indonesia salah satu dari 32 negara yang berpartisipasi dalam survey Digital Civility Index 2020 yang diselenggarakan Microsoft tersebut. Dari 32 negara, tingkat kesopanan netizen Indonesia berada di peringkat 29.

Dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, menjadi penghuni peringkat terbawah dalam riset tersebut. Separah apa tingkat kesopanan Netizen Indonesia ini, sampai menduduki peringkat terbawah di Asia tenggara dalam riset tersebut?

Sejalan dengan riset tersebut, ternyata ada sejumlah korban kemarahan masyarakat pengguna internet dan media sosial dari Indonesia ini. Berikut ini daftarnya.

1. GothamChess

GothamChess. (YouTube)
GothamChess. (YouTube)

 

Pecatur profesional ini tiba-tiba mendapat banyak serangan netizen Indonesia setelah kasus pertandingan catur online dirinya dengan Dadang Subur pemilik akun Dewa Kipas.

Saking banyaknya serangan, membuat Levy Rozman, atau lebih dikenal sebagai GothamChess mengunci semua akun media sosial miliknya. Bahkan sampai memblokir Indonesia agar tak bisa menonton YouTube miliknya.

Baca Juga: GothamChess Blokir Indonesia di YouTube, Tak Kuat Hadapi Galaknya Netizen?

2. DPR Musisi Korea

Musisi Korea Selatan DPR LIVE. (Instagram/ dprlive)
Musisi Korea Selatan DPR LIVE. (Instagram/ dprlive)

 

Seorang rapper dan musisi asal Korea Selatan dengan akun Instagram DPR LIVE, tiba-tiba mendapat banyak hujatan dari netizen Indonesia. Mereka menyangka bahwa akun tersebut milik Dewan Perwakilan Rakyat Repulik Indonesia (DPR RI).

Keramainan ini terjadi saat Omnibus Law UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan DPR RI sedang ramai mendapatkan protes. Tak tanggung-tanggung, bahkan DPR LIVE juga banyak menerima kata-kata kasar serta makian.

Baca Juga: Niat Protes ke DPR RI, Netizen Malah Salah Serang Musisi Korea Ini

3. Aktris Korea Pemeran Sosok Pelakor

Artis Korea Han So Hee. (Instagram/xeesoxee)
Artis Korea Han So Hee. (Instagram/xeesoxee)

 

Artis Korea Han So Hee berhasil menguras emosi penonton berkat perannya di salah satu drama Korea The Worl of The Married. Dalam drama tersebut artis cantik ini berperan sebagai pelakor atau perebut suami orang. 

Bahkan penonton sampai terbawa perasaan ke dunia nyata, di mana mereka tak ragu menyerbu Instagram Han So Hee. Tak sulit menemukan kata ‘pelakor’ dalam kolom komentar yang pastinya di tulis dari netizen Indonesia.

Baca Juga: Berperan Jadi Pelakor, Instagram Artis Korea Ini Diserbu Netizen Indonesia

4. Instagram Microsoft

Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

 

Tak berselang lama setelah Microsoft merilis hasil riset Digital Civility Index 2020, akun Instagram milik perusahaan tersebut langsung dibanciji komentar netizen Indonesia.

Kala itu banyak yang memprotes hasil reset tersebut, bahkan dengan kata-kata tidak pantas. Yang ujung-ujungnya membuat Microsoft memilih untuk menutup kolom komentar di postingan mereka.

Baca Juga: Diserang Netizen Indonesia, Akun IG Microsoft Tutup Kolom Komentar

Di luar tiga korban di atas, sudah tak sedikit yang mendapat serangan netizen Indonesia. Apakah memang benar hasil riset Digital Civility Index 2020 dari Microsoft tersebut?

Berita Terkait