Kesopanan Netizen Indonesia Paling Rendah se-Asia Tenggara

Seberapa tidak sopannya netizen Indonesia?

Agung Pratnyawan
Kamis, 25 Februari 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Hitekno.com - Tingkat kesopanan netizen Indonesia ternyata paling rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Hal ini terungkap dari laporan riset terbaru Microsoft dalam Digital Civility Index 2020.

Secara rutin, Microsoft melakukan riset mengenai tingkat kesopanan netizen di berbagai negara. Hal ini sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan interaksi positif secara online.

Indonesia salah satu dari 32 negara yang berpartisipasi dalam survey Digital Civility Index 2020 yang diselenggarakan Microsoft tersebut. Sayangnya, mendapat peringkat yang cukup rendah.

Baca Juga: Hingga Oktober 2020, Riset Google Beberkan Kata Kunci Paling Banyak Dicari

Dari 32 negara, tingkat kesopanan netizen Indonesia berada di peringkat 29. Dan jika dibandingkan negara Asia Tenggara lainya, menjadi penghuni peringkat terbawah.

Secara global, Belanda berada pada peringkat teratas yang memiliki netizen paling sopan. Sedangkan di Asia Tenggara, Singapura jauh memimpin di banding negara lainnya.

Singapura sukses menempati peringkat keempat secara global, posisi yang tahun sebelumnya ditempati oleh Malaysia. Namun negara Jiran ini harus berpuas di peringkat 10 global.

Baca Juga: Lembaga Riset: Xiaomi Tumbuh Paling Cepat di 2020

Untuk mendapatkan data Digital Civility Index 2020 ini, Microsoft mengadakan survey pada April hingga Meri 2020 silam yang melibatkan 16 ribu responden terdiri dari kaum muda hingga dewasa.

Ilustrasi netizen. (Pixabay)
Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Dengan memakai skor 0 sampai 100, di mana makin rendah skor maka paparan risiko online semakin rendah. Hingga dampaknya tingkat kesopanan netizen negara tersebut didapatkan.

Risiko online ini termasukdari kabar hoaks, ujaran kebencian, penipuan, diskriminasi yang mereka alami selama online. Termasuk di masa pandemi ini yang ternyata kesopanan di dunia maya lebih baik.

Baca Juga: Hasil Riset, HP dengan Empat Kamera Lebih Populer di Kalangan Konsumen

Sayangnya risiko hoaks dan penipuan malah meningkat 3 persen. Sedangkan ujaran kebencian naik 4 persen, dan diskriminasi naik 5 persen. Paling parah terjadi di India yang naik dua kali lipat dibanding 2016 silam.

Bagaimana dengan netizen Indonesia yang tingkat kesopanannya terendah di Asia Tenggara? Ternyata data Digital Civility Index 2020 menunjukkan tidak banyak perubahan di kalangan remaja. Namun adanya penurunan di kalangan dewasa.

Sayangnya, risiko online dari paparan hoaks dan penipuan naik 13 persen, sedangkan ujaran kebencian naik 5 persen. Kabar baiknya, risiko adanya diskriminasi secara online di Tanah Air mengalami penurunan 2 persen.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi, Huawei dan ABDI Dukung Penguatan Riset dengan AI

Didapati pula kalau 4 dari 10 responden menilai kesopanan lebih baik saat pandemi melanda. Namun 5 dari 10 orang mengaku pernah terlibat dalam bullying, juga 19 persen responden mengaku jadi targetnya.

Itulah data terbaru dari Microsoft Digital Civility Index 2020 yang mendapati netizen Indonesia paling tidak sopan di Asia Tenggara, dan berada di peringkat 29 dari 32 negara.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak