Hasil Survei Ungkap Netizen Indonesia Tidak Sopan, Microsoft Diserang

Microsoft sampai mematikan kolom komentar Instagram usai banyaknya serangan netizen Indonesia.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 26 Februari 2021 | 11:15 WIB
Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Ilustrasi netizen. (Pixabay)

Hitekno.com - Microsoft telah merilis hasil survei terbarunya yang mendapati netizen Indonesia paling tidak sopan dibanding negara Asia Tenggara lainnya. Hasil ini pun langsung ramai jadi pembicaraan.

Terlihat ramainya pembicaraan netizen Indonesia yang menyoroti hasil survei Microsoft tersebut di media sosial. Baik Instagram maupun Twitter.

Terpantau kata kunci Microsoft menduduki Trending Topic Twitter Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 52.000 tweet.

Baca Juga: Kesopanan Netizen Indonesia Paling Rendah se-Asia Tenggara

Diwartakan sebelumnya, hasil survei tahunan yang dilakukan Microsoft ini terangkum dalam laporan Digital Civility Index 2020.

Secara global, Belanda berada pada peringkat teratas yang memiliki netizen paling sopan. Sedangkan di Asia Tenggara, Singapura jauh memimpin di banding negara lainnya.

Trending topic Microsoft. [Twitter]
Trending topic Microsoft. [Twitter]

Melalui cuitan tersebut, tak sedikit netizen Indonesia yang menuliskan opini dan tanggapannya mengenai hasil survei Microsoft.

Baca Juga: Banjir di Thailand Nampak Sebersih Ini, Netizen Indonesia Langsung Heboh

Beberapa netizen Indonesia mengaku khawatir jika pernyataan tersebut membuat Microsoft enggan mendistribusikan produknya lagi di Indonesia atau berdampak internasional yang lebih luas.

"Pliss jangan bangga juga mentang-mentang bisa bikin Microsoft takut. Bisa aja efeknya negara lain juga takut dan nggak mau kerjasama sama Indonesia lagi," tulis akun @akurikaa.

"Gue jadi ngebayangin Microsoft ngambek, terus retract produknya dari Indonesia," komentar @sendalljenner.

Baca Juga: Ukthi Thailand Unggah Postingan Sederhana, Netizen Indonesia Auto Ngegombal

Cuitan warganet soal Microsoft. [Twitter]
Cuitan netizen Indonesia soal Microsoft. [Twitter]

Tak hanya itu, usai mengetahui hasil survei tersebut bahkan sebagian besar netizen Indonesia pengguna Instagram menyerang akun Instagram Microsoft hingga perusahaan teknologi itu menonaktifkan kolom komentarnya pada delapan unggahan pertama.

Menurut sebagian besar netizen Indonesia  pengguna Twitter, sikap tersebut justru disayangkan karena langsung membuktikan kebenaran hasil survei.

"Microsoft ngasih gelar netizen Indonesia paling nggak sopan se-Asia Tenggara. Instagram Microsoft diserang netizen Indonesia. Kesimpulan Microsoft langsung terbukti. Keren," ungkap @miarimiari.

Baca Juga: Berperan Jadi Pelakor, Instagram Artis Korea Ini Diserbu Netizen Indonesia

"Berusaha lebih sopan agar membuktikan kalau Microsoft salah (sanda silang). Serang Instagram Microsoft karena bilang kita nggak sopan (tanda centang). Si logis emang orang-orang sini," tambah @kang_pukul.

Selain itu, sebelum Microsoft sempat menonaktifkan kolom komentar pada Instagramnya, beberapa netizen Indonesia telah mengambil gambar tangkapan layar untuk pembuktian.

Cuitan warganet soal Microsoft. [Twitter]
Cuitan netizen Indonesia soal Microsoft. [Twitter]

Salah satu komentar netizen Indonesia pengguna Instagram mengaku, tidak menggunakan Microsoft lagi.

"Gaya banget netijen nih sok-sokan nggak mau pake Microsoft lagi, yang sekarang aja pada pake Microsoft bajakan," cuit @batmanblossom yang mengaitkan dengan sikap orang Indonesia umumnya senang menggunakan produk palsu.

Pernyataan bahwa netizen Indonesia termasuk dalam golongan yang paling tidak punya adab tersebut, berasal dari hasil survei Indeks Keadaban Digital atau Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang dirilis belum lama ini.

Penelitian tersebut digelar Microsoft di 32 negara dan melibatkan lebih dari 16.000 responden.

Cuitan warganet soal Microsoft. [Twitter]
Cuitan netizen Indonesia soal Microsoft. [Twitter]

Dari hasil survei diketahui bahwa Indonesia bersama dengan Rusia, Afrika Selatan, dan Meksiko masuk dalam golongan paling tak punya adab di internet.

Lingkup Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan adab paling buruk, sementara Singapura paling bagus. Disusul oleh Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Itulah kelakuan netizen Indonesia yang sempat menyerang Microsoft setelah mendapati hasil surveinya. (Suara.com / Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak