Harga Bitcoin Melonjak, Jadi Peluang Masa Depan Aset Kripto

Pada Rabu (16/12), Harga Bitcoin melonjak di level 20.000 dolar AS

Agung Pratnyawan
Jum'at, 18 Desember 2020 | 18:00 WIB
Harga Bitcoin melonjak tinggi pada 17 Desember 2020. (Tokocrypto)

Harga Bitcoin melonjak tinggi pada 17 Desember 2020. (Tokocrypto)

Hitekno.com - Pada penghujung 2020 ini terjadi fenomena luar biasa di dunia cryptocurrency atau aset kripto. Bagaimana tidak, harga Bitcoin tiba-tiba melonjak tinggi.

Harga aset kripto Bitcoin ini melonjak secara berturut-turut pada Rabu (16/12) di level 20.000 dolar AS dan Kamis (17/12) telah mencapai level  23.800 dolar AS, tercatat sebagai level tertinggi sepanjang sejarah.

Pang Xue Kai, Co-founder & CEO Tokocrypto mengemukakan, "Bitcoin telah melonjak sekitar 20 persen minggu ini, menembus 23.800 dolar AS pada Kamis (17/12) untuk pertama kalinya dan memicu prediksi bahwa lebih banyak keuntungan menanti untuk aset kripto terbesar di dunia.”

Baca Juga: Namanya DIseret dalam Penipuan Iklan Bitcoin, Steve Wozniak Gugat YouTube

Lonjakan harga Bitcoin di tahun ini tidak terlepas dari meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap investasi bitcoin, ditambah faktor pandemi yang membuat masyarakat mengeksplor pendapatan pasif melalui investasi trading dan peranan media dalam mengedukasi masyarakat terkait aset kripto. 

Selain itu, adanya peningkatan adopsi trader dan fund manager mulai melihat trend positif bitcoin sebagai aset safe haven dan menggantikan spot emas yang secara grafik mengalami penurunan beberapa bulan ini.

Pang Xue Kai, Co-founder & CEO Tokocrypto. (Tokocrypto)
Pang Xue Kai, Co-founder & CEO Tokocrypto. (Tokocrypto)

Sementara itu, Teguh Kurniawan Harmanda, Chairman Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) menambahkan, "Ini merupakan awal dari babak baru bagi Bitcoin. Banyak faktor yang meningkatkan kepercayaan publik terhadap berbagai aset kripto, pun kepercayaan pada Bitcoin sendiri mulai pulih setelah mengalami market crash di awal 2018. Menurut saya, ini merupakan saat yang tepat untuk masyarakat mulai berinvestasi dalam trading aset kripto.”

Baca Juga: Sejumlah Akun Twitter Orang Terkenal Diretas untuk Iklan Bitcoin

Survei yang dilakukan The Tokenist pada 4,852 individu di 17 negara menembukan bahwa kepercayaan pada Bitcoin, pengetahuan dan kepercayaan pada mata uang digital, telah meningkat selama tiga tahun terakhir.

Lebih dari 45 persen dari responden mengatakan mereka lebih suka berinvestasi dalam Bitcoin daripada saham, real estate dan emas. Survei juga menemukan bahwa ada kenaikan kepercayaan responden pada Bitcoin dibandingkan bank – bank, yakni sebesar 29 persen  sejak 2017.

Kai melanjutkan, "Selama beberapa bulan terakhir, ada institusi yang membeli Bitcoin. Pertanyaannya, mengapa institusi tradisional ini membeli Bitcoin? Karena pasar Bitcoin telah berada dalam posisi mature ke titik di mana sekarang menjadi proposisi investasi yang menarik bagi institutional investors. Persediaan terbatas, tidak ada inflasi, transaksi terus bergerak dengan cepat jika dibandingkan dengan membeli atau menjual emas fisik. Bitcoin dapat direkayasa menjadi perangkat lunak dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Institutional investors melihat bahwa mereka dapat mengalokasikan dana yang mereka miliki ke obligasi, hutang, ekuitas, komoditas. Dari berbagai faktor tersebut, perusahaan mulai melihat Bitcoin sebagai salah satu kelas aset untuk mengalokasikan dana mereka".

Baca Juga: Pengusaha Kaya Elon Musk Ternyata Hanya Punya Bitcoin Segini

Tokocrypto sebagai platform pedagang aset kripto terpercaya dan terdepan di Indonesia, mencatatkan harga Bitcoin pada Rabu (16/12) lalu, menembus level 290 juta dan memiliki spread harga yang sangat kecil selisihnya yakni hanya Rp1 saja, jika dibandingkan exchange lain yang memiliki spread harga sangat lebar antara harga beli dengan harga jualnya.

Mungkin bagi yang belum berpengalaman dalam trading, spread harga dan likuiditas ini menjadi hal yang sepele. Namun bagi trader yang serius dan berpengalaman, selisih spread harga ini bisa menjadi game changer dalam setiap keputusan trading-nya.

Hal ini tentu saja tidak lepas dari adanya support teknologi Binance sebagai salah satu pedagang aset kripto besar di dunia.

Baca Juga: Bukan Uang, Penculik Ini Minta Tebusan 80 Bitcoin ke Orang Tua Korban

Dalam dunia aset kripto, faktor keamanan menjadi hal yang utama. Selain terdaftar resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Tokocyrpto juga dalam proses melanjutkan re-certification Keamanan Sistem Informasi ISO27001:2013.

"Kami harap hal ini bisa memberikan rasa aman, nyaman dan transparan bagi masyarakat yang baru ingin memulai trading aset kripto ataupun para trader untuk melakukan transaksi melalui Tokocrypto," kata Kai.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak