Internet

Namanya DIseret dalam Penipuan Iklan Bitcoin, Steve Wozniak Gugat YouTube

Selain Steve Wozniak, wajah para pemimpin teknologi lainnya seperti Elon Musk, Bill Gates serta Robert Kiyosaki juga dilibatkan.

Dinar Surya Oktarini

Steve Wozniak. (Shutterstock)
Steve Wozniak. (Shutterstock)

Hitekno.com - Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak menggugat YouTube karena mengizinkan scammers untuk menggunakan namanya dalam hadiah bitcoin palsu.

Dalam gugatannya yang diajukan di Pengadilan Tinggi Negara Bagian California, penjahat telah mengunggah video di platform dan mengklaim bahwa Steve Wozniak menjadi tuan rumah promosi bitcoin.

Mereka meyakinkan pengguna bahwa jika mereka mengirim bitcoin ke alamat yang disediakan akan mengembalikan jumlahnya dua kali lipat.

Dilansir dari laman The Verge, keluhan tersebut mengatakan ''YouTube menampilkan channel video penipuan dan promosi yang secara salah menggunakan gambar dan video Penggugat Steve Wozniak, dan pengusaha teknologi terkenal lainnya, dan yang telah menipu pengguna YouTube dari jutaan dolar,''

Gugatan tersebut mencakup tangkapan layar dari iklan video ''5.000-BTC dan hadiah ''10.000-BTC'' dari wozniak.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

 

Tak hanya nama Steve Wozniak yang diseret dalam iklam palsu tersebut, tapi wajah Steve Wozniak juga ikut disertakan.

Selain Steve Wozniak, wajah para pemimpin teknologi lainnya seperti Elon Musk, Bill Gates serta Robert Kiyosaki juga dilibatkan.

Penggugat yang termasuk Steve Wozniak dan 17 orang lainnya menyatakann bahwa YouTube mengetahui penipuan ini tetapi tetap tidak menghapus videonya.

Juru bicara YouTube mngatakan ''Kami menganggap serius penyalahgunaan platform kami dan mengambil tindakan cepar ketika kami mendeteksi pelanggaran kebijakan kami, seperti penipuan atau peniruan.''

Namun hadiah palsu ini telah lama menjadi fitur dari dunia bitcoin, tetapi hal ini makin berkembang usai peretasan Twitter yang menyeret akun orang-orang terkenal yang mengiklankan bitcoin.

Perusahaan Twitter akhirnya mengunci semua akun terverifikasi dari tweeting ketika melihat insiden peretasan yang terkait dengan iklain Bitcoin.

Berita Terkait