Makin Aman, Kini Gojek Dilengkapi dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Fitur ini berfungsi meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan dengan memastikankesesuaian identitas mitra driver.

Dinar Surya Oktarini
Jum'at, 24 Juli 2020 | 13:02 WIB
Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Hitekno.com - Gojek kian meningkatkan keamanan pelanggan dan mitra melalui inovasi baru Verifikasi Muka mitra driver yang berfungsi melakukan verifikasi identitas mitra sebelum menerima pesanan pelanggan. Fitur Verifikasi Muka atau facial recognition ini adalah teknologi pengenalan wajah lewat ‘selfie’ baik saat pertama kali login di aplikasi ataupun secara acak saat mitra driver sedang mengaktifkan aplikasi.

Fitur ini merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk terus menjaga keamanan seluruh ekosistemnya melalui berbagai inovasi, serta menjawab kebutuhan mitra dan pelanggan akan layanan yang semakin aman dan nyaman. Fitur Verifikasi Muka ini memperkuat inisiatif #AmanBersamaGojek yang telah diluncurkan di awal tahun ini.

Baca Juga: - Gorilla Glass Anyar Dikenalkan, Jatuh di Ketinggian 2 Meter Tak Masalah! - Merpati "Malas Terbang" dan Gunakan Eskalator, Video Ini Bikin Ngakak - Realme V5 Terungkap, Bawa Baterai 5.000 mAh dan Fast Charging 30 W - Gojek Gandeng JumpaPay Luncurkan GoService, Solusi Urus Pajak Kendaraan - GoRide Kembali Beroperasi di Bekasi, Gojek Kenalkan Inisiatif J3K

Hans Patuwo, Chief of Operations Officer Gojek mengatakan bahwa keberadaan teknologi Verifikasi Muka pada aplikasi driver, sangat krusial bagi keamanan ekosistem Gojek secara keseluruhan. “Mitra Driver merupakan salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam seluruh aktivitas maupun transaksi dalam ekosistem Gojek. Fitur Verifikasi Muka dapat menjamin kesesuaian data dan informasi sekaligus melindungi keamanan akun mitra driver dari potensi tindak kejahatan atau penyalahgunaan akun. Bagi pelanggan, penerapan fitur ini di aplikasi driver memastikan pengalaman yang aman dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek.”

Dalam menghadirkan fitur Verifikasi Muka, Gojek mempertimbangkan kemudahan serta kenyamanan mitranya. Untuk itu, Gojek menerapkan verifikasi muka, teknologi canggih dengan tingkat akurasi tertinggi. Hal ini membuat proses verifikasi berlangsung dalam waktu yang singkat, sehingga tidak mengganggu mitra driver saat harus melakukan verifikasi sebelum maupun setelah menjalankan transaksi.

Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver
Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Irwanto Mitra Driver Gojek dari Jakarta mengatakan, “Fitur ini sangat kami nantikan. Akun jadi semakin aman, terhindar dari upaya oknum-oknum yang berusaha membajak akun mitra driver Gojek. Di sisi lain, kepercayaan pelanggan juga pasti meningkat. Mereka jadi nggak perlu ragu driver yang datang berbeda 2 dengan yang di aplikasi. Kepercayaan pelanggan akan menguntungkan bagi kami mitra driver di lapangan.”

Fitur Verifikasi Muka merupakan bagian dari Gojek SHIELD, yaitu rangkaian teknologi keamanan canggih dan komprehensif dalam aplikasi Gojek yang dibangun oleh tim kelas dunia untuk melindungi pelanggan dan mitra. Sebelumnya, Gojek SHIELD telah meluncurkan berbagai inovasi keamanan diantaranya penyamaran nomor telepon untuk melindungi data pribadi pelanggan dan mitra intervensi chat yang memberi peringatan kepada pelanggan jika ada aktivitas yang terdeteksi mencurigakan serta teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengidentifikasi berbagai jenis penggunaan aplikasi secara ilegal.

Inovasi Verifikasi Muka juga merupakan kelanjutan dari perangkat keamanan lainnya yang sudah tersedia di aplikasi Gojek seperti Tombol Darurat, dan Fitur Bagikan Perjalanan.

Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver
Gojek Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver

Gojek turut mendorong keterlibatan pengguna dalam upaya meningkatkan kualitas layanan. Selain dengan memberikan penilaian atau rating yang akurat di akhir transaksi, secara bertahap pelanggan juga akan dapat memberikan masukan di tengah-tengah perjalanan terkait beberapa hal yang menjadi standar layanan Gojek, antara lain kelengkapan dan kesesuaian atribut, kelayakan kendaraan, perilaku berkendara, ataupun sikap dan tata krama mitra dalam melayani penumpang.

Selain melalui teknologi, Gojek juga mengedepankan langkah edukasi dalam memastikan keamanan pelanggan dan mitra driver. Bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Universitas Gadjah Mada, Gojek mengambil langkah terdepan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat terkait keamanan.

“Pemahaman ataupun literasi masyarakat, penting untuk melengkapi inovasi teknologi yang telah kami terapkan. Kombinasi dua hal tersebut, menjadi kunci utama untuk memastikan setiap pengguna baik mitra driver maupun pelanggan bisa terus #AmanBersamaGojek,” tutup Hans

Berita Terkait

TERKINI

Gempa Sukabumi langsung menjadi perbincangan netizen di media sosial.
internet | 09:00 WIB
Media sosial TikTok lagi-lagi dituduh barat sebagai alat spionase.
internet | 20:51 WIB
Ingin membuat kolase aesthetic dengan mudah? Manfaatkan salah satu situs kolase foto online ini.
internet | 20:37 WIB
Siswa dan siswi ini nampak mencuri perhatian dengan penampilan natural khas remaja di tahun tersebut.
internet | 20:26 WIB
Berikut adalah deretan bot untuk membacakan teks, cocok untuk konten kreator.
internet | 18:44 WIB
Penggunaan situs ini begitu mudah, kamu hanya perlu menjawab 35 pertanyaan yang hasilnya nanti akan mempengaruhi pengenalan kepribadian.
internet | 17:14 WIB
Netizen salfok dengan penampilan kakek dan model Vespa klasik yang dikendarainya.
internet | 15:34 WIB
Usai kabar ini beredar, berbagai hashtag terkait ledakan bom bunuh diri di Bandung ini lalu meramaikan kolom Trending di Twitter.
internet | 15:32 WIB
Ada sosok yang sedang ramai diperbincangkan warga Tanah Air yang menandatangani BPKB tersebut. Harga langsung meroket?ce
internet | 15:22 WIB
Sosok murid penyayang hewan ini banjir pujian dari netizen.
internet | 12:14 WIB
Ribuan netizen memberikan ucapan duka dan meme penghormatan untuk Lord Rangga.
internet | 11:43 WIB
Lord Rangga meninggal 7 Desember 2022, meninggalkan sederet cerita yang layak dikenang.
internet | 11:12 WIB
"Giliran apes baru FYP ya kak," kata netizen.
internet | 10:06 WIB
Netizen memuji Maroko dan menyindir performa Spanyol dengan beragam meme.
internet | 08:59 WIB
Mereka memplesetkan tulisan "We Love You Santa" secara sengaja, memantik amarah dari pengguna media sosial.
internet | 20:44 WIB
Usai video ibu-ibu asyik rekam dirinya saat nyanyi di pesta ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar kemudian ditinggalkan oleh netizen.
internet | 20:41 WIB
Episode awal dari audioseries ini sudah bisa didengarkan sejak 30 November 2022 di aplikasi Noice.
internet | 20:15 WIB
Warna ini memberikan pengaruh besar saat terkena sinar matahari yang membuat nuansa akad nikah tersebut menjadi kemerahan.
internet | 19:52 WIB
Tampilkan lebih banyak