Internet

Aplikasi Baru Google, Bisa Mengubah Sketsa Jadi 3D Render

Alat 3D render tersebut diberi nama Chimera Painter.

Dinar Surya Oktarini

Logo Google. (Instagram/@google)
Logo Google. (Instagram/@google)

Hitekno.com - Google merilis aplikasi eksperimen baru yang bertujuan mengubah sketsa menjadi 3D render yang bisa menggunkan bantuan alat pembelajaran mesin. 

Disebut Chimera Painter, 3D render ini merupakan alat demo yang secara otomatis membuat gambar dari garis asli sketsa.

Google menggunakan pembelajaran mesin untuk mempercepat proses produksi seni 3D. Melalui kuas digital, pengguna dapat menunjukkan bagian tubuh dan corak berbeda pada sketsa.

Google menyediakan daftar bagian yang sangat rinci untuk sketsa pengguna. Dengan kata lain, pengguna bisa mengecat dengan kuas untuk menambahkan detail seperti kepala atau sesuatu yang granular seperti alas kaki.

Chimera Painter. [Googleapis]
Chimera Painter. [Googleapis]

Saat pengguna mengklik transform, alat akan membaca semua warna pada sketsa dan membuat render yang sesuai. Untuk memanfaatkan alat ini semaksimal mungkin, pengguna mungkin perlu memiliki keterampilan artistik.

"Kami berharap model GAN ??dan alat demonstrasi Chimera Painter ini dapat menginspirasi orang lain untuk berpikir secara berbeda tentang seni. Apa yang dapat dibuat seseorang saat menggunakan pembelajaran mesin sebagai kuas?" kata Andeep Singh Toor, insinyur perangkat lunak di Google, seperti dikutip Android Central, Jumat (20/11/2020).

Alat ini tersedia di web dan pengguna bisa membuat sketsa langsung di sana atau membuat garis besar mendetail di aplikasi pihak ketiga seperti Photoshop, lantas mengunggahnya ke aplikasi Chimera Painter untuk menghasilkan gambar 3D.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait