Gadget

Setelah 5 Tahun, Google Photo Tidak Lagi Sediakan Penyimpanan Unlimited

Google Photo nantinya hanya akan memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Google Photo. (Pixabay)
Google Photo. (Pixabay)

Hitekno.com - Layanan Google yang dikenal dengan nama Google Photo menjadi andalan menyimpan berbagai file foto dengan kapasitas penyimpanan yang unlimited. Sayangnya, dalam informasi terbaru, fitur Google ini tidak lagi menyediakan kapasitas penyimpanan tersebut.

Layanan penyimpanan unlimited dari Google Photo ini dikabarkan akan segera berakhir di tahun 2021 mendatang. Sebelumnya, Google Photo memberikan kapasitas penyimpanan besar untuk penggunanya sejak 5 tahun yang lalu.

Melansir dari CNET, Google Photo nantinya hanya akan memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB untuk setiap penggunanya. Kapasitas memori ini dapat digunakan untuk menyimpan foto berkualitas original.

Padahal, Google Photo biasanya menyediakan kapasitas penyimpanan unlimited untuk berbagai foto editan yang biasanya memiliki besaran file yang besar.

Menurut rencana, kapasitasn penyimpanan unlimited dari Google Photo ini akan resmi dihilangkan pada 1 Juni 2021 mendatang. Namun, tidak perlu khawatir untuk kamu yang menyimpan foto sebelum tanggal tersebut.

Google Photos. (Google Play Store)
Google Photos. (Google Play Store)

 

Pasalnya, foto-foto tersebut tidak akan dihitung dalam besaran kapasitas baru Google Photo. Kapasitas penyimpanan 15 GB ini hanya akan berlaku pada file yang diunggah setelah tanggal itu.

Memberikan jangka waktu yang cukup banyak, dalam waktu yang tersisa, pengguna diberi kesempatan untuk memutuskan akan terus menggunakan Google Photo atau justru beralih ke aplikasi penyimpanan yang lain.

Nantinya, saat penggunaan kapasitas penyimpanan 15 GB tersebut penuh, pengguna nantinya bisa melakukan penambahan kapasitas dengan berlangganan layanan Goolge One yang masih merupakan produk Google.

Walaupun kebijakan Google untuk Google Photo ini masih berlangsung lama, sebagai pengguna Google, kamu masih punya kesempatan untuk memutuskan masih menggunakan layanan tersebut atau justru ingin berpindah.

Berita Terkait