Internet

Tak Perlu Ribet, Ini Cara Transfer Akun Google Play Music ke YouTube Music

Para pelanggan Google Play Music tak perlu khawatir layanan streaming musik ini ditutup. Bisa transfer ke YouTube Music.

Agung Pratnyawan

Google Play Music. (Google)
Google Play Music. (Google)

Hitekno.com - Karena Google Play Music ditutup, kini pengguna bisa mengalukan akun miliknya ke YouTube Music. Untungnya migrasi ini bisa mudah dilakukan.

Data yang ditransfer akan mencakup pustaka Google Play Music, lagu yang diunggah dan dibeli, daftar putar, album dan lagu di pustaka, daftar lagu yang disukai dan tidak disukai, hingga informasi penagihan jika pengguna adalah pelanggan berbayar.

Sehingga para pengguna Google Play Music berbayar tidak perlu khawatir bagaimana nasib akunnya setelah layanan ini dihentikan.

Google juga akan memperbarui profil musik pengguna, sehingga mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasikan di YouTube Music berdasarkan riwayat mendengarkan, suka, dan tidak suka.

Dilansir dari laman resmi Google, Kamis (22/10/2020), untuk mentransfer data dari Google Play Music ke YouTube Music, pengguna dapat menggunakan salah satu opsi di bawah ini:

  1. Kunjungi laman https://music.youtube.com/transfer dan klik opsi Transfer.
  2. Buka aplikasi YouTube Music lalu klik foto profil pengguna > buka Settings > klik Transfer > pilih Transfer from Google Play Music.

Hal yang perlu diketahui, YouTube Music memiliki persyaratan kelayakan akun yang berbeda dari Google Play Music, sehingga pastikan untuk membacanya terlebih dahulu.

Setelah pengguna mengetuk tombol Transfer, pustaka rekomendasi dan penagihan akan mulai ditransfer ke YouTube Music, jika pengguna adalah pelanggan Google Play Music.

Jika memiliki banyak koleksi musik, transfer pustaka dapat memakan waktu lebih lama. Anda akan menerima dua email terpisah yang memberi tahu ketika masing-masing transfer selesai.

Ilustrasi aplikasi YouTube Music di ponsel pintar. [Shutterstock]
Ilustrasi aplikasi YouTube Music di ponsel pintar. [Shutterstock]

 

Jika melakukan beberapa transfer, hanya musik yang ditambahkan sejak transfer terakhir yang akan dipindahkan ke YouTube Music selama transfer berikutnya.

Musik yang sebelumnya ditransfer akan tetap ada di pustaka YouTube Music dan tidak akan terpengaruh sama sekali.

Meskipun semua unggahan dan pembelian akan ditransfer, lagu atau album tertentu mungkin tidak ditransfer karena masalah hak atau lisensi.

Selain itu, jika pengguna menambahkan musik ke Google Play Music dan musik tersebut menghilang karena hak atau lisensi, musik itu tidak dapat muncul kembali di YouTube Music.

Pengaturan YouTube Music sedikit berbeda dari Google Play Music. Untuk menemukan bagian musik atau daftar putar yang disukai setelah ditransfer, buka menu Library pada aplikasi YouTube Music, lalu klik Playlists dan ketuk pada opsi Your Likes.

Untuk menemukan bagian unggahan dan pembelian di perangkat seluler, buka aplikasi YouTube Music > klik Library > klik Albums, Songs, or Artists > pilih opsi Uploads kemudian pengguna akan melihat semua Album, Lagu, dan Artis yang pengguna unggah.

Sementara untuk menemukan unggahan dan pembelian di komputer, akses music.youtube.com di browser web > klik Library > klik Albums, Songs, or Artists untuk menemukan musik yang dicari > klik panah bawah di samping YouTube Music Minimize dan pilih Uploads. Pengguna akan menemukan semua Album, Lagu, atau Artis yang diunggah.

Itulah cara transfer akun Google Play Music ke YouTube Music dengan mudah. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait