Internet

Google Bayar Mahal ke Apple untuk Jadikan Pencarian Default di iPhone

Google membayar miliaran dolar ke Apple untuk mengubah sistem defaultnya.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi kantor Google. (Pixabay/denvit)
Ilustrasi kantor Google. (Pixabay/denvit)

Hitekno.com - Perangkat iPhone dan iPad memiliki sistem default untuk halaman pencarianya menggunakan Safari. Namun akhir-akhir ini Google tengah dalam masa diskusi dengan Apple untuk membuat sistem default pencariannya beralih ke Google.

Kini beberapa dari pengguna iPhone atau iPad kini bisa merasakan sistem default untuk halaman pencariannya pakai Google.

Ternyata Google membayar mahal pada Apple untuk membuat sistem pencarian halamannya menjadi default di perangkat iPhone dan iPad.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Google membayar miliaran dolar ke Apple untuk mengubah sistem defaultnya.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

 

Sebelumya, Google juga sudah membayar Apple untuk menjadikannya mesi penelusuran default, namun kini diketahui berapa jumlah Google membayar pada Apple.

Harga ini sesuai dengan angka dari gugatan antitrust Departemen Kehakiman AS terhadap Google. di mana dokumen pengadilan telah mengungkapkan bahwa Google membayar antar 8 hingga 12 miliar dolar US.

Google saat ini tengah menghadapi gugatan oleh Departemen Kehakiman atas dugaan praktik antimonopoli, dan pembayaran kepada Apple ini adalah salah satu contohnya.

Menurut profesor hukum University of Miami, John Newman, yang juga mantan pengacara antimonopoli Departemen Kehakiman, ''ni bukan kolusi klasik, di mana dua saingan setuju untuk menaikkan harga dan keuntungan masing-masing. Sepertinya satu monopoli setuju dengan perusahaan lain untuk membagi sewa monopoli.''

Salah satu angka yang fantastis bukan untuk membuat Apple menjadikan perangkat iPhone dan iPad menggunakan sistem default pencarian menggunakan Google?

Berita Terkait