Internet

Jadi Mitra Program Kartu Prakerja, DANA Salurkan Anggaran Insentif Peserta

DANA ditunjuk menjadi salah satu sistem pembayaran untuk penyaluran dana insentif bagi peserta.

Dinar Surya Oktarini

DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)
DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)

Hitekno.com - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja resmi menunjuk dompet digital Indonesia, DANA, sebagai salah satu mitra untuk menyalurkan dana insentif bagi para peserta program tersebut.

Menandai resminya kemitraan ini, pihak Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang diwakili oleh Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif, dan pihak DANA yang diwakili oleh Vincent Iswara selaku CEO, hari ini menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyediaan Layanan Jasa Penyaluran Dana Insentif Dalam Program Kartu Prakerja.

Denni Puspa Purbasari mengatakan, “Penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci utama daya saing bangsa di kancah global. Melalui pelatihan-pelatihan yang tersedia di Program Kartu Prakerja, SDM Indonesia yang tengah mencari pekerjaan atau yang sedang mengalami pemutusan hubungan kerja dapat menambah kemampuan di bidang-bidang yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini, atau memiliki kemampuan baru sesuai dengan tren kebutuhan pasar di era digital.”

Melalui Program Kartu Prakerja, pemerintah membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, dan mendorong kebekerjaan dengan mengurangi kesenjangan kebutuhan atau mismatch. Program ini juga menjadi pelengkap pendidikan formal dan membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.

Kerjasama DANA dengan program kartu prakerja. (DANA)
Kerjasama DANA dengan program kartu prakerja. (DANA)

 

“Untuk mendukung efektivitas Program Kartu Prakerja, pemerintah membutuhkan sinergi dengan pihak-pihak swata serta segenap ekosistem terkait. Keterlibatan pihak swasta diperlukan untuk mengakselerasi terselenggaranya pelatihan-pelatihan yang relevan dengan tuntutan zaman, serta mendukung proses registrasi hingga penyaluran dana secara mudah dan aman. Kemitraan kami dengan DANA merupakan bagian dari kesungguhan pemerintah untuk menjadikan program ini benar-benar tepat guna melalui pendekatan digital demi SDM unggul dan Indonesia maju,” tutur Denni.

Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, ditunjuknya DANA sebagai salah satu mitra resmi merepresentasikan makin menguatnya kepercayaan pemerintah dan ekosistem terhadap kredibilitas DANA.

“Kami sangat antusias mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk terlibat dalam gotong-royong nasional meningkatkan kompetensi SDM Indonesia. Dompet digital DANA akan menjadi paltform yang dapat diandalkan dalam menyalurkan dana insentif bagi SDM yang telah menyelesaikan pelatihannya. Bagi DANA, program ini sangat penting dan sudah semestinya untuk mendapatkan dukungan karena selain berpotensi menambah kemampuan baru juga akan memberdayakan kembali ekosistem yang melesu akibat pandemi COVID-19,” pungkas Vincent.

Dengan ditunjuknya DANA sebagai salah satu mitra resmi, nantinya DANA akan menyalurkan dana Insentif kepada penerima Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan program tersebut.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah/kuliah, serta mereka yang terkena dampak langsung dari pandemi Covid-19.

Berita Terkait