Internet

Gandeng Dompet Dhuafa, DANA Tawarkan Solusi Kurban Digital di Masa Pandemi

Kini ada solusi kurban digital dari DANA dan Dompet Duafha

Agung Pratnyawan

Logo DANA. (ist)
Logo DANA. (ist)

Hitekno.com - Idul Adha waktu bagi umat Islam untuk berkurban, yang merupakan ibadah istimewa satu tahun sekali. Lalu bagaiman denga di masa kandemi sekarang, sudah ada solusi kurban digital.

Seperti halnya zakat fitrah, ibadah kurban mengandung nilai-nilai kemanusiaan serta maslahat ekonomi yang begitu besar. Bukan saja bagi penerima kurban, tapi juga peternak dan pedagang hewan kurban. 

Maslahat ekonomi dari ibadah kurban akan semakin dirasakan ketika roda perekonomian sulit bergerak seperti yang terjadi saat ini.

Namun, adanya pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah tersebut.

Masyarakat yang ingin berkurban kesulitan karena banyak masjid maupun mushala yang tahun ini tidak menerima atau melakukan pemotongan hewan kurban. 

Hal ini menyusul protokol penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di masa pandemi COVID-19 yang dikeluarkan pemerintah, sehingga tidak semua masjid bisa melakukannya.     

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri dompet digital DANA, mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi hal itu adalah dengan melakukan kurban secara digital melalui penyelenggara kurban digital yang kredibel.

Kurban digital kerjasama DANA dan Dompet Dhuafa. (DANA)
Kurban digital kerjasama DANA dan Dompet Dhuafa. (DANA)

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah menegaskan bahwa penyembelihan hewan kurban boleh diwakilkan, sehingga orang yang berkurban tidak harus menyaksikan.

"Dalam rangka semakin memudahkan masyarakat, dompet digital DANA telah bersinergi dengan Dompet Dhuafa menghadirkan layanan kurban digital yang aman, efisien dan tepercaya. DANA menjadi mitra pembayaran digital Dompet Dhuafa untuk layanan kurban secara online," ujarnya.

Menurut Vincent, pelaksanaan ibadah kurban yang terintegrasi secara digital bukan saja lebih aman, efektif dan efisien, tapi juga menjadi solusi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Selain kemudahan dan keamanan, kurban digital yang diselenggarakan Dompet Dhuafa dan DANA juga memiliki keunggulan di antaranya hewan kurban yang berkualitas, laporan yang transparan, distribusi ke wilayah yang benar-benar membutuhkan, dan yang tidak kalah penting, pemberdayaan peternak lokal.

"Dompet Dhuafa akan memastikan semua proses, mulai dari pemilihan hewan kurban, pembelian, penyembelihan, hingga distribusi sesuai dengan syariat Islam," tambah Vincent.

Untuk melakukan kurban secara digital, pengguna DANA bisa masuk ke dalam situs web atau bisa menginstal aplikasi Dompet Dhuafa lalu klik tombol "Kurban Sekarang".

Kemudian, tentukan pilihan kurban. Selanjutnya pilih metode pembayaran online dan klik tombol DANA untuk melakukan pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, lakukan konfirmasi dengan mengklik tombol "Konfirmasi Kurban".

Berita Terkait