Internet

Kabar Kiamat Hari Ini Bikin Geger, Begini Fakta Sebenarnya

Dalam waktu singkat kabar mengejutkan dari media Inggris mengenai kiamat hari ini langsung membuat geger dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi kiamat. (pixabay/icheinfach)
Ilustrasi kiamat. (pixabay/icheinfach)

Hitekno.com - Beberapa waktu belakangan ini, netizen dibuat heboh dengan kabar mengenai kiamat hari ini, Minggu (21/6/2020). Sempat membuat geger, berdasarkan penelusuran HiTekno.com, berikut asal usul kabar tersebut.

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa akhir dari kehidupan manusia atau kiamat akan terjadi pada 21 Juni 2020. Kabar ini diketahui menyeruak semenjak sepekan yang lalu.

Berdasarkan penelusuran, kabar mengenai kiamat hari ini disiarkan pertama kali oleh media asal Inggris, The Sun. Pada pemberitaan 13 Juni 2020 lalu, media ini menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada pekan depan usai berita ini terbit.

''Kalender Maya Salah dan Dunia Akan Berakhir Pada 'Pekan Depan', Teori Konspirasi Memperingatkan'' tulis judul berita The Sun yang telah menghilang tersebut.

Dalam waktu singkat kabar mengejutkan dari media Inggris mengenai kiamat hari ini langsung membuat geger dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Ilustrasi tsunami menerjang London. (Pixabay/ Darksouls1)
Ilustrasi kiamat. (Pixabay/Darksouls1)

 

Berdasarkan pencarian Google dengan kata kunci 'The end of the world today' langsung merujuk pada artikel-artikel dari beberapa media di dunia. Dengan pencarian terbanyak, laman pertama pencarian Google menunjukan beberapa artikel dari media India.

Melansir dari Forbes, cuitan ilmuwan muda peraih beasiswa Fullbright, Paolo Tagaloguin adalah pemicu kabar kiamat hari ini. Sayangnya, sadar bahwa cuitannya membuat geger banyak orang, akun tersebut lalu menghilang secara misterius.

Sukses membuat geger, saat ditelusuri di Twitter, akun Paolo Tagaloguin yang asli telah menghilang. Cukup cepat, banyak akun palsu dengan username yang sama. Deretan akun palsu ini juga membuat cuitan mengenai kiamat hari ini.

Prediksi mengenai hari kiamat memang sering terdengar tiap tahunnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kabar ini rupanya hanya isapan jempol belaka. Menanggapi kabar kiamat hari ini, netizen Indonesia sukses menggaungkan #kiamat di Twitter.

Kiamat hari ini Trending di Twitter. (twitter)
Kiamat hari ini Trending di Twitter. (twitter)

 

Seolah tidak dibuat takut dengan kabar kiamat hari ini, berbagai netizen justru menyampaikan cuitan kocaknya menanggapi rumor kiamat tersebut.

''Kok nggak ada simulasinya dulu sih? Nggak ada free trial-nya ih tiba-tiba gitu nggak suka'' cuit akun @aambbe.

''Mendadak banget, aku ikut gelombang ke-2 aja'' komentar akun Twitter @mltdps.

''Beloman juga gue ketemu sama jodoh gue, nggak bisa diundur apa gitu bang'' ungkap pemilik akun @pithslmh.

Hingga artikel ini dibuat, tagar #kiamat yang mengudara seiring kabar kiamat hari ini telah mendapat lebih dari 4.000 cuitan dan menempati urutan kedua kolom Trending Twitter Indonesia.

Berita Terkait