Internet

Viralkan Kasus ABK Indonesia, Channel Korea Reomit Rajai Trending YouTube

Dalam video berdurasi 14 menit ini, Jang Hansol melakukan translate pada tayangan MBC tersebut.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Channel Korea Reomit ungkap kasus jasad ABK Indonesia. (youtube/Korea Reomit)
Channel Korea Reomit ungkap kasus jasad ABK Indonesia. (youtube/Korea Reomit)

Hitekno.com - Jadi topik panas, channel YouTube Korea Reomit milik Jang Hansol rajai Trending YouTube Indonesia usai menjadi yang pertama memviralkan kasus jasad ABK Indonesia yang dibuang ke laut.

Seiring dengan video unggahannya yang menjadi Trending di YouTube, nama channel Korea Reomit beserta Jang Hansol juga turut menjadi Trending di Twitter sejak Rabu malam (6/5/2020) lalu.

Pria asal Korea Selatan yang tumbuh dan besar di Indonesia menjadi yang pertama mengungkap kasus jasad ABK Indonesia yang dibuang ke laut oleh kapal Longxing 629 asal China.

Sebelumnya, menurut penjelasan Jang Hansol, kasus ini pertama kali mencuri perhatian dan jadi topik panas di Korea Selatan, usai salah satu televisi swasta MBC melakukan investigasi mendalam terkait kasus ini.

Di Korea Selatan sendiri, video siaran unggahan MBC ini menempati urutan pertama dalam kolom Trending YouTube di negara tersebut.

Channel Korea Reomit ungkap kasus jasad ABK Indonesia. (youtube/Korea Reomit)
Channel Korea Reomit ungkap kasus jasad ABK Indonesia. (youtube/Korea Reomit)

 

Dalam video berdurasi 14 menit ini, Jang Hansol melakukan translate pada tayangan MBC tersebut. Cukup mengejutkan, dalam siaran tersebut dikisahkan mengenai seorang ABK Indonesia asal Indonesia yang sakit hingga meninggal saat bertugas di kapal tersebut.

Tanpa prosedur pemakaman yang manusiawi, jasad ABK Indonesia ini hanya dibungkus kantong mayat berwarna orange dan langsung dibuang ke laut dari atas kapal.

Fakta mengejutkan lalu terungkap dari investigasi mendalam yang dilakukan MBC. Rupanya para ABK Indonesia yang bekerja di kapal asal China ini dipekerjakan selama 30 jam nonstop tanpa diberi air mineral.

Beberapa ABK Indonesia hanya diberi minum air laut yang difilter. Diduga, kondisi tubuh ABK Indonesia ini semakin memburuk karena konsumsi air tersebut. Pengakuan salah satu ABK Indonesia menyebutkan bahwa waktu istirahat yang diberikan hanya 6 jam.

Kejadian cukup sadis ini lalu mendapat sorotan pemerintah Korea Selatan usai kapal tersebut berlabuh di Busan, Korea Selatan. Para ABK Indonesia ini yang lalu meminta bantuan media dan pemerintah Korea Selatan terkait hal yang dialami tersebut.

Usai kasus jasad ABK Indonesia yang dibuang ke laut ini viral, video yang diunggah Korea Reomit ini langsung menempati urutan Trending ke-1 di YouTube dengan total viewers mencapai lebih dari 2,5 juta.

Berita Terkait