Internet

Meriahkan Waisak, Netizen Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak di Twitter

Topik yang berkenaan dengan #waisak menempati deretan trending di Twitter.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Patung Buddha dan Hari Waisak. (Pixabay/ kshitizmetallica)
Ilustrasi Patung Buddha dan Hari Waisak. (Pixabay/ kshitizmetallica)

Hitekno.com - Masa pandemi membuat umat Buddha merayakan Hari Waisak tidak seperti biasanya. Meski begitu, topik mengenai Waisak dan Hari Raya Waisak digemakan netizen hingga menempati deretan trending topik di Twitter.

Menurut pantauan dari situs Trends24.in, Selamat Hari Raya Waisak mulai trending di Twitter pada pukul 05.00 WIB.

Topik tersebut trending bersamaan dengan "Waisak" dan "Buddha" yang dicuitkan lebih dari 17 ribu kali.

Hingga artikel ini dibuat, Waisak menempati puncak trending topik diikuti dengan topik Buddha dan Selamat Hari Raya Waisak di 10 besar trending topik.

Dikutip dari Suara.com, tahun ini umat Buddha tidak menyelenggarakan perayaan Waisak di Candi Mendut maupun Candi Borobudur untuk mencegah penularan virus corona jenis baru (COVID-19).

Waisak dan Selamat Hari Raya Waisak trending di Twitter. (Trends24.in)
Waisak dan Selamat Hari Raya Waisak trending di Twitter. (Trends24.in)

 

Sekretaris Wihara Mendut Wahyu Utomo di Magelang mengatakan perayaan Waisak 2564 BE/2020 berbeda dengan Waisak tahun-tahun lalu, karena saat ini terjadi pandemi COVID-19.

"Biasanya kami di Candi Mendut dan Candi Borobudur ada acara nasional dihadiri ribuan umat, tetapi tahun ini kita mengikuti imbauan dari pemerintah dan juga institusi tertinggi kami, yaitu melaksanakan Waisak di rumah," katanya dikutip Antara, Rabu (6/5/2020).

Meski tidak merayakan Hari Waisak seperti biasanya, netizen masih bersemangat dengan menggemakan topik Waisak di Twitter.

Banyak netizen yang ikut mendoakan agar pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga peringatan hari suci keagamaan bisa dilakukan seperti sedia kala.

Netizen mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak. (Twitter)
Netizen mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak. (Twitter)

 

"Selamat memperingati hari Tri Suci Waisak 2564 BE. Dengan kekuatan kebajikan kita mengikis kekotoran batin, dapat terhindar dari segala kesulitan, penyakit, bahaya, kemalangan dan hal-hal yang tidak baik. Semoga Covid-19 segera berakhir. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu3x," doa @bowomanggala.

"Semoga semua makhluk hidup selamanya dalam kebahagiaan dan dijauhkan dari segala kebencian dan permusuhan. Selamat hari raya waisak 2564 BE #Waisak," cuit @andikayebe.

"Konsistensi dari keteladanan Sang Buddha untuk menuntun umat di jalan kemuliaan. Selamat Hari Raya Waisak 2564 BE (7 Mei 2020)," kata @AdolfElvis.

"Indahnya toleransi. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, dan selamat Hari Raya Waisak bagi yang merayakannya #waisak #bhinnekatunggalika," komentar @boim_pict.

Hingga artikel ini dibuat, tiga topik yang berhubungan dengan Waisak masih menempati deretan trending topik di Twitter.

Berita Terkait