Internet

Cuma Gara-gara Satu Tweet, Elon Musk dan Tesla Kehilangan Rp 205 Triliun

Tesla kehilangan Rp 205 triliun hanya karena bosnya, Elon Musk menulis cuitan soal saham di Twitter.

Agung Pratnyawan

Elon Musk ternyata seorang penggemar anime. (whaleshares/@mishka)
Elon Musk ternyata seorang penggemar anime. (whaleshares/@mishka)

Hitekno.com - Elon Musk, sosok pengusaha kaya raya CEO dari Tesla dikenal aktif di media sosial Twitter. Namun siapa sangka ia bisa kehilangan uang yang tidak sedikit gegara satu tweet saja.

Sebanyak 14 miliar dolar atau sekitar Rp 205 triliun valuasi produsen mobil listrik Tesla lenyap hanya gara-gara sebuah tweet Elon Musk, bos perusahaan asal Amerika Serikat itu, pada Jumat (1/5/2020).

Termasuk dari valuasi yang menguap itu adalah sekitar 3 miliar dolar (sekitar Rp 44 triliun) dari saham Tesla milik Elon Musk sendiri. Totalnya saham Tesla anjlok itu sekitar 9 gara-gara cuitan Musk.

Lalu, apa yang diutarakan Elon Musk dalam tweet itu?

"Harga saham Tesla terlalu mahal menurut saya," tulis Elon Musk pada 1 Mei 2020 kemarin.

Akun Twitter Elon Musk, pengusaha yang memimpin Tesla dan SpaceX. [Dok Twitter]
Akun Twitter Elon Musk, pengusaha yang memimpin Tesla dan SpaceX. [Dok Twitter]

 

Selain itu, ia juga menulis beberapa cuitan aneh antara lain soal kekasihnya yang sedang marah dan soal dia akan menjual semua harta benda, termasuk rumahnya.

Tesla, yang dimintai komentar oleh para wartawan terkait cuitan Elon Musk, menolak untuk menjawab. Tetapi Elon Musk sendiri, saat ditanya oleh Wall Street Journal apakah dia sedang bercanda soal harga saham, menjawab singkat: "Tidak."

Elon Musk memang sering memicu kontroversi di Twitter. Ia pernah digugat di pengadilan Inggris karena menuding seorang penyelam yang turut menyelamatkan anak-anak dalam sebuah gua di Thailand sebagai pedofilia.

Pada 2018 dia pernah melepas cuitan soal masa depan Tesla di bursa saham New York dan akibatnya perusahaan itu dijatuhi denda sebesar 20 juta dolar.

Elon Musk juga diwajibkan untuk mengizinkan pengacaranya membawa semua gagasannya sebelum diunggah ke Twitter.

Itulah kelakuan Elon Musk di media sosial, hanya karena satu tweet saja ia dan Tesla bisa kehilangan uang segitu banya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait